Kenapa Bisa Beruban di Usia Muda?

11

Biasanya, uban atau rambut putih muncul ketika seseorang berusia 30 tahun ke atas. Uban dapat muncul karena hilangnya kandungan melanin dalam rambut. Karena seiring bertambahnya usia, produksi melanin dalam tubuh akan berkurang.

Tetapi terkadang, uban juga dapat muncul pada seseorang di usia muda. Kenapa bisa gitu, ya?

image: stylecraze.com

Dikutip dari beberapa sumber, penyebab munculnya uban di usia muda disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut faktor yang menyebabkan munculnya uban di usia muda.

1. Faktor Genetik

Faktor genetik menjadi faktor terbesar dalam munculnya uban saat usia muda. Seperti misalnya, orang-orang terdahulu di keluarga Anda sudah beruban saat masih muda, kemungkinan Anda mengikutinya akan sangat besar. Dan biasanya, faktor genetik ini akan sulit untuk dihindari.

2. Stres

Stres dapat mempengaruhi beberapa masalah pada tubuh seperti, masalah tidur, nafsu makan, dan tidak terkecuali munculnya uban. Karena saat stres akan menyebabkan pecahnya sel inti pada batang rambut yang mengakibatkan rusaknya folikel dan memicu munculnya uban.

3. Kekurangan Vitamin B12

Fungsi vitamin B12 dalam tubuh adalah untuk menjaga kesehatan darah merah, dimana darah merah bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh termasuk melanosit di folikel rambut. Jadi, jika Anda kekurangan vitamin B12 maka produksi melanin dalam sel rambut Anda berkurang dan menyebabkan munculnya uban.

4. Penggunaan Bahan Kimia di Rambut

Banyaknya produk berbahan kimia yang diberikan ke rambut seperti pewarna rambut, bleaching, bahkan sampo dapat mempercepat munculnya uban di usia muda. Karena bahan kimia dapat membuat produksi melanin berhenti sebelum waktunya.

5. Merokok

Merokok dapat menyempitkan pembuluh darah yang dapat mengurangi masuknya aliran darah ke folikel rambut dan menyebabkan rambut memutih lebih awal. Selain uban, kebiasaan merokok juga dapat membuat kerusakan yang lain pada rambut, salah satunya rontok.

6. Tanda Penyakit Tertentu

Munculnya uban bisa jadi sebagai tanda adanya penyakit di dalam tubuh kamu. Penyakit tertentu seperti autoimun, kelenjar teroid, dapat menyebabkan produksi melanin dalam rambut menjadi terganggu sehingga memicu munculnya uban.

(AN)