Cari Tahu Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Tahukah Anda apa itu buah bit? Buah bit adalah tanaman umbi-umbian yang banyak digunakan untuk pengobatan alami. Manfaat buah bit yang dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, dijus, atau dimakan mentah ini pun sangat banyak. Tapi, bit bukanlah jenis buah-buahan, melainkan umbi-umbian berwarna merah gelap yang tumbuh di dalam tanah.

Anda bisa merasakan manfaat buah bit karena banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Vitamin dan mineral dalam buah bit berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari menurunkan darah tinggi, meredakan peradangan, menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan lain-lain. Inilah beberapa penjelasan mengenai manfaat buah bit.

1. Menurunkan Darah Tinggi

Baca juga  Waspadai, Ini Bahaya Dari Membawa Ponsel Ketika Tidur

Darah tinggi merupakan suatu kondisi yang berbahaya karena meningkatkan resiko stroke, serangan jantung, atau penyakit jantung lainnya. Buah bit bisa menurunkan tekanan darah karena mengandung banyak nitrat. Saat masuk ke tubuh manusia, nitrat akan berubah menjadi oksida nitrat. Oksida nitrat berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah bisa turun.

2. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi buah bit, loh. Buah bit tidak mengandung banyak kalori, tapi kaya akan serat dan protein. Mengonsumsi makanan yang kaya protein dan serat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Seiring bertambahnya usia, fungsi otak bisa mengalami penurunan. Namun, Anda bisa mencegah hal tersebut dengan mengonsumsi buah bit secara rutin. Nitrat dalam buah bit akan meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen menuju otak sehingga fungsi otak bisa tetap terjaga.

Baca juga  Bahaya Tonsillitis, Penyakit yang Diidap Cita Citata
image: pixabay

4. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Segelas buah bit, terdapat 3.4g serat yang bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Selain menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengonsumsi buah bit secara rutin juga mampu mencegah munculnya penyakit kronis. Mulai dari kanker usus, diabetes, atau penyakit jantung.

Itulah beberapa manfaat buah bit, jika Scarflovers sedang menurunkan berat badan bisa jadi pilihan yang cocok buah bit ini. Semoga artikel ini menambah wawasan Scarflovers.

(DT)

Translate »