Vivi Zubedi Gandeng Pengrajin Indonesia untuk Terus Berkarya

Sebagai seorang perempuan, kita bisa menjadi sosok inspiratif untuk orang lain, memberi mereka sebuah semangat untuk terus bisa survive menjalani kehidupan.

Apalagi saat ini seperti yang kita semua sudah tahu bahwa keadaan pandemi mengancam segala sektor, tak terkecuali industri fashion.

Vivi Mar’i Zubedi atau yang lebih dikenal dengan nama Vivi Zubedi, sebagai seorang desainer ternama Indonesia tergerak untuk bisa mengajak seluruh perempuan penggiat mode untuk tetap semangat dan terus bekarya untuk membangkitkan perekonomian negeri ini melalui sebuah kampanye yang bertajuk #FromViviZubeditoIndonesia

“Sebenarnya ini merupakan bentuk sebuah apresiasi, dan sebuah bakti kepada bangsa, dan masyarakat Indonesia. Karena semakin kesini semakin Masya Allah masyarakat Indonesia menerima karya-karya lokal. Jadi dari 2010 saya menjalankan industri fashion lokal ini, saya merasa local people semakin mengapresiasi karya-karya yang dikeluarkan oleh kita-kita sebagai pelaku industri fashion lokal,” ujarnya dalam sebuah virtual press conference #FromViviZubeditoIndonesia.

Vivi Zubedi juga dikenal dengan usahanya dalam pemberdayaan perempuan. Selama karirnya sebagai seorang fashion designer, ia juga pernah membawa produk lokal ke panggung megah New York Fashion Week. Hal itu merupakan salah satu impiannya agar karya Indonesia bisa dipertontonkan disana.

Baca juga  Tempat Rekomendasi Belanja Sayur Online Saat #Dirumahaja

“Jadi pada saat itu saya turun ke daerah-daerah pelosok, dan saya melihat banyak sekali pelaku pengrajin ini perempuan. Jadi saya tertarik untuk menelaah dan melirik lebih jauh lagi, saya datangi beberapa kapubaten dan wilayah untuk kemudian saya ajak kolaborasikan dengan brand saya yang akhirnya saya bawa ke panggung internasional yaitu New York Fashion Week,”

Saat itu lah, tak disangka-sangka bahwa para desainer mancanegara di New York Fashion Week sangat terkesima dengan hasil karya produk Indonesia.

Tidak hany itu, Vivi Zubedi juga dikenal sebagai salah satu dewan IKRA (Indonesia Kreatif Syariah Indonesia). Saat membentuk sebuah organisasi ini, Vivi menceritakan bahwa dirinya terinspirasi para pengrajin lokal yang ternyata hidupnya pun tidak terjamin.

“Saya melihat banyak sekali pengrajin-pengrajin daerah yang hidupnya belum diangkat gitu. Artinya masih terbangkalai. Jadi saya bikin satu program yang belum ada namanya untuk mengkaryakan si pengrajin ini, Dengan catatan, tiap produk yang saya karyakan, mereka harus menaiki upah si pengrajin yang mereka pekerjakan. Berangkat dari situ, pada saat presentasikan program tersebut, saya mendapat perhatian dari Bank Indonesia, kita berkolaborasi Indonesia Kreatif Syariah Indonesia melalui Vivi Zubedi Foundation,”

Baca juga  Inspirasi Baju Pesta di Perhelatan Fashion Show ISEF 2019

Perjalanan Vivi Zubedi dalam usaha pemberdayaan perempuan sangat patut untuk diacungi jempol. Karena hal ini tentu membuat kita semua sadar bahwa masih banyak hal-hal yang perlu dilakukan sesama perempuan. Sejalan dengan hal ini, melalui kampanye #FromViviZubeditoIndonesia kemudian tercetuslah sebuah mahakarya koleksi special yakni “All About Scarf” dengan salah satu seri indahnya, Archipelago Scarf. Koleksi ini diluncurkan untuk merayakan semangat para perempuan inspiratif Indonesia.

Melalui kampanye #FromVIVIZUBEDItoIndonesia diharapkan mampu memberikan semangat emansipasi pada perempuan-perempuan Indonesia untuk terus berjuang memaksimalkan potensi diri demi masa depan bangsa yang lebih baik dan selalu menginspirasi di segala aspek kehidupan pada masa pandemi ini. (AA)

Translate »