Hindari Mengkonsumsi ini Saat Sarapan

Sarapan merupakan kegiatan wajib di pagi hari. Kita harus mempersiapkan tenaga untuk beraktifitas. Dengan mengkonsumsi makanan yang salah, Anda hanya akan mendapatkan sedikit energi dan menambah kalori yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Sarapan yang baik terdiri dari makanan yang mengandung karbohidrat, lauk-pauk, sayuran, buah-buahan, dan minuman. Jika Anda tidak terbiasa mengonsumsi camilan pagi dan siang, maka porsi sarapan Anda harus mencukupi sepertiga kebutuhan kalori Anda dalam sehari. Tetapi jika Anda terbiasa mengonsumsi camilan, maka disarankan porsi sarapan Anda mencukupi seperempat dari kebutuhan harian Anda.

Meskipun begitu masih banyak orang Indonesia yang melewatkan sarapan, atau jika sarapan jenis makanan yang dikonsumsi tidak sesuai anjuran. Kira-kira apa sajakah jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari saat sarapan?

1. Sereal Manis

Kandungan gula dalam semangkuk sereal dapat meningkatkan gula darah, selain itu dapat membuat Anda ingin mengkonsumsi makanan manis di sepanjang hari. Makanan dengan kansungan gula yang tinggi, lebih sedikit nilai gizinya termasuk vitamin, mineral, lemak sehat, serat, dan protein yang dapat membantu membawa Anda menjalankan hari dengan berenergi.

Baca juga  Amazon Mengalami Kebakaran Hutan Terparah, Siapa Yang Harusnya Disalahkan?

2. Pastry

Donat, croissant, cake, bagel, muffin termasuk kedalam olahan yang sebaiknya tidak Anda jadikan makanan utama saat sarapan. Donat misalnya, proses pembuatannya menggunakan gula, krim, serta digoreng dengan metode deep fried. Ini menjadikan donat tinggi akan kalori tetapi minim akan kualitas zat gizi karena hanya mengandung karbohidrat dan lemak serta dalam jenis yang tidak sehat.

3. Segelas Jus

Mengkonsumsi segelas jus saat sarapan tanpa makanan tambahan lainnya sangat tidak dianjurkan, karena kebutuhan energi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak akan terpenuhi nutrisinya hanya dengan segelas jus. Terlebih lagi jika yang Anda konsumsi adalah jus buah komersil dalam kemasan yang sudah ditambahkan gula, pewarna, pengawet, dan bahan tambahan pangan lainnya. Jus hanya mengandung karbohidrat dan gula saja. Dengan mengkonsumsi jus saja saat sarapan akan membuat Anda cepat lapar kembali sebelum waktunya makan siang sehingga akan menyebabkan Anda mengkonsumsi camilan sebelum makan siang.

Baca juga  Mudah Tampil Cantik dengan Go-Life

4. Nasi Uduk dan Gorengan

Menghonsumsi nasi uduk dan gorengan saat sarapan memang terasa sangat nikmat. Terlebih banyak pedagang nasi uduk dipinggir jalan yang sudah buka sejak pagi dan banyak orang memilih untuk membelinya karena dapat menghemat waktu sarapan tanpa harus memasak. Kebiasaan ini memang sering terjadi di masyarakat kita. Namun mengkonsumsi nasi uduk dan gorengan saat sarapan bukan pilihan yang tepat.

Jika Anda perhatikan, nasi uduk sudah merupakan sumber karbohidrat. Selain itu gorengan yang Anda konsumsi juga biasanya tinggi lemak karena mengandung banyak minyak. Ditambah lagi bihun atau kentang menjadi lauk tambahan dengan asupan karbohidrat Anda bertambah berkali-kali lipat. Jika Anda terbiasa mengonsumsi nasi uduk untuk sarapan, cobalah kombinasikan dengan lauk-pauk yang mengandung protein dan sayur buah, kurangi asupan karbohidrat sederhana yang terlalu banyak. (DA)

Translate »