Wardah Kembali Menggelar Wardah Inspiring Young Designer Competition 2019 Keempat Di Panggung Jakarta Fashion Week

Jakarta, 27 Oktober 2019 – untuk keempat kalinya dibawah program Wardah Fashion Journey, wardah kembali menggelar kompetisi dan ajang pencarian bakat desainer muda yaitu Wardah Inspiring Young Designer Competition (WIYDC) 2019.

“Memasuki tahun keempat terselenggaranya WIYDC, kegiatan ini mendapat respon positif dan antusiasme yang tinggi. Terbukti dengan lebih dari 360 sketsa desain yang terkumpul dari berbagai kota di Indonesia. Sebagai brand kosmetik salah satu fokus pilar kami berkotribusi mendukung industri mode dan termasuk desainernya.” Disampaikan oleh Putri Diah Paramita, Chief Marketing Officer PT Paragon Technology Innovation. Senayan City, Jakarta Pusat, Minggu, (27/10).

WIYDC 2019 kali ini mengusung tema “Urban Identity” yang terinspirasi dari nilai-nilai dan karakteristik sebuah perkotaan, baik dari sisi lingkungan maupun keseimbangan hidup. Tema ini juga sejalan dengan konsep dari lini produk premium wardah yaitu Instaperfect “All Day Perfection For Your Unstoppable Move” . Instaperfect diperuntukan bagi perempuan aktif, dinamis, progresif, modern, mereka yang memiliki mobilitas tinggi perempuan yang memiliki semangat positif untuk berkarya.

Baca juga  Cara Mencuci Scarf Bahan Katun & Poliester di Mesin Cuci
sumber: Scarf Media

Tahapan WIYDC 2019 dimulai dari proses pendaftaran seleksi sketsa dan konsep desain (22 Juli 2019 – 30 Agustus 2019). Kemudian akan dipilih 20 semifinalis untuk melakukan presentasi konsep dan desain dihadapan dewan juri pada 10 September 2019, kemudian dilanjutkan dengan sesi mentoring dan coaching untuk menambah pengetahuan dan keterampilan peserta terkait dengan teknik jahit dan potong, pengelolaan bahan, warna, hingga tips dan trik dalam memulai bisnis.

Hingga akhirnya dipilih 8 finalis dan akan melakukan presentasi hasil final dihadapan dewan juri pada 18 oktober 2019. Kedelapan finalis mendapatkan kesempatan untuk memperagakan 2 hasil karya mereka dipanggung JFW 2020.

sumber: Scarf Media

Bersama dengan dewan juri yang terlibat yaitu Barli Asmara, Restu Anggraini dan Dian Pelangi (desainer mode), Bimo Permadi (fashion Stylist), Shabrina Salsabila (brand manager Wardah), dan Perwakilan dari Lazada selaku Official E-Commerce partner WIYDC 2019 memilih 4 pemenang.

Baca juga  Menuju Jakarta Fashion Week 2023
sumber: Scarf Media

Berikut 4 pemenang WIYDC 2019 di Senayan City pada 27 Oktober 2019:

Pemenang Utama –  Prafitra Viniani mendapatkan hadiah uang tunai 20 juta rupiah

Runner Up 1 – Amanda Dwi mendapatkan hadiah uang tunai 15 juta rupiah

Runner Up 2 – sherlita Puspa mendapatkan hadiah uang tunai 10 juta rupiah

Runner Up 3 – Amelinda Alysia mendapatkan hadiah uang tunai 7,5 juta rupiah

Kriteria penilaian berdasarkan 7 kategori yaitu:

  • Ide & Konsep Desain (Creativity) 35%
  • Daya Pakai (Wearbility) 15%
  • Daya Jual (Salabiliity) 15%
  • Pengethuan Kreatif, Mode, Desain, Warna, Ilustrasi (Competency) 10%
  • Pengetahuan Teknis, Bahan, Biaya (Technique) 10%
  • Estetika Produk / Nilai Artistic (Esthetics) 10%

“Melaui program WIYDC yang Wardah lakukan dapat memberikan pengalaman kompetisi yang brharga bagi mereka, menstimulus desainer muda untuk terus mengasah kemampuan, mengeksplor diri. Kami berharap 10 tahun kemudian mereka-mereka dapat menciptakan inovasi dan siap untuk menjadi bagian dari kemajuan industri mode Indonesia” tutup Putri Diah Paramita.

(Penulis: FD)

Translate »