Pulau Derawan Tidak Kalah Indah Dengan Bali

Wajib masuk dalam bucket list

306

Derawan merupakan sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini menawarkan semua keindahan alam dan keindahan bawah laut yang tidak ada di tempat lain. Scarflover bisa berenang bersama ubur – ubur, dapat menikmati jernihnya air laut, dan berenang bersama ikan lainnya. Tempat wajib mana saja yang harus Scarflover datangi pada saat di Derawan.

1.Gua Haji Mangku

sumber: ksmtour.com

Untuk menuju Gua Haji Mangku ini bisa ditempuh dengan 2 cara, pertama dengan jalan kaki selama 7 jam dari Maratua Paradise Resort atau yang kedua bisa dengan menggunakan speedboat dari starting point yang sama menuju ke utara Pulau Maratua dengan hanya memakan waktu 15-20 menit. Jika Scarflover ingin menggunakan speedboat, Scarflover harus menunggu air pasang agar speedboat bisa lewat tapi jangan sampai air pasangnya terlalu tinggi supaya speedboat bisa parkir tidak jauh dari mulut gua. Lalu, Scarflover pun masih harus jalan sebentar selama 10 menit untuk bisa melihat air biru jernih di dalam gua ini. Disini Scarflover dapat berenang atau menyelam sampai dasar laut.

2. Pulau Kakaban

sumber: denmasdeni.blogspot.com

Belum ke Derawan rasanya kalau belum mampir ke Pulau Kakaban. Di Pulau Kakaban ini terdapat sebuah danau air tawar dimana Scarflover bisa melihat dan berenang bersama ubur-ubur tanpa sengat (stingless jellyfish) langsung dari habitatnya. Ubur – ubur disini tidak menyengat karena di perairan ini tidak ada predator jadi secara alami mereka berevolusi dan tidak mempunyai sengat.

3. Kehe Daing

sumber: instazu.com
Jika Scarflover berlibur ke Derawan bisa mampir ke laguna yang bersih ini di Laguna Kehe Daing, laguna ini posisinya agak tersembunyi jadi scarflover harus tanya dengan orang setempat posisi laguna ini. perairan disini tidak terlalu dalam jadi Scarflover dapat bermain air dan berenang dengan nyaman.

4.  Pulau Sangalaki

sumber: burokaro.com
Pulau Sangalaki merupakan kawasan konservasi bagi penyu-penyu untuk bertelur dan melahirkan anak – anak penyu yang akan pergi ke laut.

5. Manta Point

sumber: borneotourgigant.com

Tidak jauh dari Pulau Sangalaki, ada satu spot snorkeling favorit bagi traveler yang sedang liburan ke Derawan, Manta Point namanya. Di Manta Point ini Scarflover dapat melihat para ikan Manta Ray mencari makan pada waktu siang sampai sore hari, puluhan Manta Ray akan berkumpul untuk mencari plankton.

(Penulis: DP)