Perlu Diketahui, Ini 5 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Syawal

Bulan syawal menjadi bulan evaluasi keberhasilan mengikuti perjalanan spiritual dan tarbiyatul iradah (pendidikan rela) selama bulan Ramadhan. Menurut sejarah islam, banyak peristiwa heroik yang terjadi di bulan syawal. Apa saja peristiwa tersebut? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Perang Uhud

Perang uhud terjadi pada tahun ketiga di bulan syawal setelah hijrahnya Nabi Muhamad ke Madinah. Perang Uhud adalah bentuk balas dendam kaum kafir setelah menelan kekalahan dalam Perang Badar. Saat itu, kaum Quraisy dipimpin oleh Abu Sufyan dengan 3.000 tentara. Sementara, Rasulullah SAW memimpin langsung pasukan muslim yang berjumlah 1.000 orang.

2. Perang Khandaq

Perang Khandaq terjadi pada tahun kelima di bulan Syawal setelah hijrahnya nabi ke Madinah. Perang ini diikuti oleh 3.000 pasukan Islam untuk melawan 10.000 personil kaum kafir. Beberapa sumber ulama sejarah bahkan menyebutkan, kaum kafir kala itu berjumlah 15.000 orang.

Baca juga  Rekomendasi Podcast Islami untuk Menambah Wawasan

3. Perang Hunain

Perang Hunain terjadi pada bulan Syawal tahun 8 hijriah di lembah Hunain, yaitu sebuah lembah yang menjadi pengubung kota Makkah dan Thaif. Dalam perang ini, Rasulullah SAW mengerahkan total 12.000 pasukan. Ini terdiri dari 10.000 penduduk Kota Madinah dan 2.000 Kota Makkah. Mereka harus berhadapan dengan 20.000 pasukan musuh.

4. Perang Thaif

Perang Thaif terjadi pada bulan Syawal tahun 8 hijriah, setelah meletusnya perang Hunain. pasukan muslim mengejar pasukan Quraisy yang tersisa dan melarikan diri dari Hunain. Mereka bersembunyi di dalam benteng kuat yang terletak di Thaif. Ini menyebabkan umat muslim mengepung kawasan tersebut.

Baca juga  Kenalan dengan Rifdah Farnidah, Peraih Juara 1 Hafalan Al-Qur’an 30 Juz Tingkat Dunia Kisahnya inspiratif!

5. Pernikahan Rasulullah SAW

Bulan syawal diketahui menjadi peristiwa pernikahan Rasulullah dengan Sayyidah Aisyah ra dan Sayyidah Ummu Salamah ra. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam beberapa riwayat, yaitu:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: تَزَوَّجَنِى رَسُولُ اللَّهِ فِى شَوَّالٍ. وَفِي رِوَايَةٍ: أَنّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَزَوَّجَ أُمَّ سَلَمَةَ فِي شَوَّالٍ Artinya, “Dari Aisyah ra, ia berkata: Rasulullah saw menikahiku di bulan Syawal. Dalam riwayat yang lain: Sungguh Nabi menikah dengan Ummu Salamah ra pada bulan Syawal.”

Translate »