Menkop UKM Apresiasi MUFFEST+ 2022, Parade Busana Muslim Terbesar!

32

Muslim Fashion Festival (MUFFEST) resmi digelar pada Kamis, 21-23 April 2022. Event pergelaran busana muslim terbesar itu diselenggarakan secara offline di Grand Ballroom The Ritz Carlton Pacific Place Jakarta.

Berbeda dari tahun sebelumnya, MUFFEST+ 2022 yang diinisiasi bersama dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC) mengusung tema, “Muslim Fashion, Muslim Lifestyle”. Hadir dengan tema baru, MUFFEST+ 2022 kali ini, selain berupaya menekankan perkembangan fesyen muslim juga menawarkan tren dan gaya hidup muslim di Indonesia.

Image : Dok. MUFFEST

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki, mengapresiasi pelaksanaan acara MUFFEST+ 2022. Di samping itu, ia juga mengusulkan terselenggaranya acara fashion berskala internasional untuk mewujudkan mimpi Indonesia sebagai kiblat busana muslim dunia.

“Kalau kita mau menjadikan Indonesia sebagai kiblat mode fashion muslim dunia, tentu kita harus mengadakan event fashion berstandar internasional pula,” ujar Teten Masduki, saat Opening Ceremony MUFFEST+ 2022, di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Selain bertujuan untuk memperlebar sayap industri fashion di Indonesia, Teten Masduki mengungkapkan bahwa fesyen termasuk sebagai salah satu cakupan sektor industri halal yang tengah dikembangkan untuk meningkatkan taraf ekonomi Indonesia, bahkan ia menyebutkan konsumsi busana muslim di Tanah Air mencapai USD 200 miliar dollar.

“Sebab itu, pemerintah akan terus melakukan langkah-langkah konkrit untuk mendukung industri fashion di Tanah Air,” tegas Teten Masduki.

Serangkaian acara MUFFEST+ 2022 menampilkan karya lebih dari 100 desainer dan trade-expo dengan partisipasi lebih dari 200 jenama fesyen muslim. Parade busana muslim terbesar di Indonesia itu juga menyelenggarakan seminar, trend, talkshow, dan kegiatan lainnya.

Image : Dok. MUFFEST

Sejumlah desainer akan mempersembahkan ragam gaya busana muslim mulai dari konvesional, kontemporer, hingga syar’i, seperti dari Vivi Zubedi, Batik Chic, Jenna Kaia, Setara by Irish Bella & Ammar Zoni, Dear Dein X Atas Bawah by Dinda Hauw & Rey Mbayang, dan Wignyo.

Pada tahun ini, MUFFEST+ 2022 menargetkan 40.000 pengunjung dan nilai transaksi mencapai Rp35 miliar.