Berminat Ingin Belajar Makeup? Ketahui 9 Peralatan Rias Wajah Ini Dulu, Ya!

Mudah dipelajari, kok!

36

Skill pertama yang harus dikuasai seorang makeup artist (MUA) professional adalah mengetahui beragam jenis peralatan rias wajah terlebih dulu. Meski terdengar sulit, tenang, usaha itu akan membantu Anda untuk mempertajam pengetahuan tentang peralatan kosmetik.

Untuk menciptakan hasil akhir riasan yang lembut dan terkesan natural serta modern, maka diperlukan alat rias yang memadai seperti terangkum dalam artikel berikut ini.

 

1. Saput bedak

Umumnya terbuat dari materi halus seperti beludru yang digunakan untuk mengaplikasikan bedak tabur.

2. Spons bedak

Berbeda dengan saput bedak, spons bedak digunakan untuk membubuhkan bedak padat atau merapikan ulang riasan (retouch). Selain itu, bila spons dibasahkan/dilembapkan efeknya bisa menciptakan riasan yang halus dan hasilnya bisa menutup noda atau bekas jerawat dengan baik, serta mengurangi tampilan pori-pori yang besar.

3. Kuas bedak besar

Alat rias makeup satu ini berfungsi untuk merapikan bedak tabur, sekaligus membuang sisa bedak yang berlebih.

4. Sikat alis

Bentuknya beragam, ada yang mirip sikat gigi, ada juga yang menggunakan kuas di ujung gagangnya.

5. Pencabut alis

Selain sikat alis, terdapat pula pencabut alis untuk merapikan bulu-bulu halus di sekitar alis yang tumbuhnya tidak beraturan.

6. Penjepit bulu mata

Sumber: facetofeet.com

Alat ini digunakan untuk melentikkan bulu mata dalam sekejap.

7. Kuas perona mata

dok. Sephora

Alat makeup ini terdiri dari dua macam. Pertama, bila ujungnya berupa spons digunakan untuk mengaplikasikan perona mata. Kedua, bila ujungnya berupa kuas digunakan untuk merapikan atau membaurkan warna perona mata.

8. Kuas pemulas pipi

dok. M.A.C Cosmetics

Biasanya berukuran sedang berguna untuk memulaskan perona pipi jenis padat di area pipi dan tulang pipi.

9. Colour palettes

image: instagram.com/morphebrushes/

Eye shadow dalam bentuk palet merupakan pilihan yang tepat, lantaran memiliki banyak warna dan sangat bermanfaat untuk memberikan tampilan warna yang diinginkan. Warna dasar bisa digunakan untuk kelopak mata, warna yang gelap bisa dimanfaatkan untuk sudut mata, dan warna-warna yang muda dan terang dipakai sebagai highlight.