Puasa Bulan Sya’ban: Niat, Tata Cara, dan Keutamaan

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) secara resmi menetapkan awal Sya’ban 1443 H jatuh pada Jumat, (4/3/2022). Tiba di salah satu bulan mulia dalam kalender hijriah ini, menjadi momentum penting untuk mempersiapkan diri menuju bulan Ramadan

Untuk itu, terdapat beberapa amalan yang bisa dilakukan sepanjang bulan ini, terutama menjalankan puasa sunah Sya’ban. Ketentuan amalan itu sebagaimana termuat dalam hadis berikut ini. 

“Rasulullah SAW sering berpuasa, sampai kami katakan bahwa, beliau tidak berbuka. Beliau pun sering tidak berpuasa sehingga kami katakan, beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah SAW, berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156).

Baca juga  Insya Allah Berkah, 3 Hadis tentang Keutamaan Puasa Syawal

Namun, puasa Sya’ban haram dilakukan pada tanggal 16 Sya’ban sampai akhir bulan. Alhasil, puasa ini dapat dikerjakan mulai dari tanggal 1 sampai tanggal 15 Sya’ban. 

“Ketika Sya’ban sudah melewati separuh bulan, maka janganlah kalian berpuasa.” (HR Imam Lima: Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, an-Nasa’i, dan Ibnu Majah). 

Niat dan Keutamaan Puasa Sya’ban

Adapun lafal niat puasa Sya’ban: 

نَوَيْتُ صَوْمَ شَعْبَانَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma sya’bâna lilâhi ta’âlâ.  

Artinya: “Saya niat puasa Sya’ban karena Allah ta’âlâ.” 

Baca juga  Dalil dan Hukum Memakai Susuk dalam Islam

Niat puasa Sya’ban dapat dilakukan sejak malam hari hingga siang sebelum masuk waktu zawal (saat matahari tergelincir ke barat), apabila belum melakukan perbuatan yang membatalkan puasa sejak masuk waktu subuh. 

Keutamaan yang diperoleh saat melaksanakan puasa sunah Sya’ban, niscaya akan mendapatkan syafa’at Rasulullah SAW kelak di hari kiamat. 

Puasa sunah bulan Sya’ban diibaratkan sebagai ibadah rawatib atau ibadah sunah yang mengiringi ibadah wajib. Hal itu mengacu pada salat rawatib yang dilaksanakan sebelum atau sesudah salat wajib, sehingga dianggap sama dengan puasa Sya’ban yang berdekatan dengan puasa wajib di bulan Ramadan.

Translate »