Cara Agar Anak Mudah Makan Sayur

Ketika anak susah untuk mengonsumsi sayur, orang tua memiliki ketakutan akankah nutrisi anak dapat terpenuhi? Susah makan sayur menjadi salah satu problematika pada anak yang mungkin dialami oleh sebagian orang tua. 

image: pixabay

Berbagai cara pastinya orang tua lakukan agar gizi dan nutrisi anak dapat terpenuhi dengan baik. Untuk Anda yang sedang bingung bagaimana caranya agar anak lahap memakan sayur-mayur, tips ini mungkin akan membantu Anda!

 

Pilihlah tekstur yang tepat

Beberapa anak menghindari untuk memakan sayur karena bentuknya yang kurang menarik dan teksturnya yang keras.  Jika anak Anda seperti itu, Anda bisa mengkreasikan makanan dengan cara yang kreatif seperti membuat cream sup atau membuat puding dan lain sebagainya. Jika anak lebih suka mengonsumsi makanan yang crunchy, pilihlah jenis sayur yang memiliki tekstur yang mirip seperti brokoli.

Baca juga  Ketahui Fakta Menyusui di Era Covid-19

 

Masukan sayuran ke menu makanan favorit

Trik yang satu ini biasanya akan memudahkan orangtua dalam menyisipkan sayuran ke dalam makanan. Jika anak suka makan telur, coba masukkan sedikit daun bawang, wortel atau cacahan brokoli ke dalamnya. Anda bisa secara perlahan memasukan sedikit demi sedikit sayuran ke dalam menu makanan. Cara ini dapat membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan sayuran Si Kecil.

Baca juga  Benarkah Sugar Rush Membuat Anak Jadi Hiperaktif?

 

Bentuk sayuran lebih menarik

Cobalah hal kreatif lainnya seperti membentuk makanan seperti kartun favorit anak. Cara ini dapat membuat anak lebih tertarik untuk memakannya.

 

Mengajak dalam proses memasak

Kegiatan ini bisa menjadi daya tarik anak untuk mencoba makanan yang ia buat secara mandiri. Biasanya ketika anak ikut dilibatkan dalam sebuah kegiatan, ia lebih memiliki rasa tanggung jawab atas apa yang ia lakukan. Coba deh ajak anak untuk memilih sayuran yang akan dia makan!

Itu dia beberapa tips yang dapat dilakukan. Semoga anak akan lebih mudah dalam mengkonsumsi sayuran ya Scarflover!

(HV)

Translate »