Mengapa Hubungan Orang Tua – Anak Sangat Penting?

Hubungan Antara Orangtua dan Anak

11

Bukan rahasia lagi bahwa menjadi orang tua adalah salah satu peran paling menantang di dunia. Dari melakukan penelitian tentang berbagai gaya pengasuhan hingga mencoba berbagai peretasan pengasuhan, pastinya orangtua selalu berusaha keras untuk membesarkan anak-anak yang bahagia dan sukses.

Tetapi tidak peduli gaya apa yang dipilih untuk digunakan, pada akhirnya, itu masih bermuara pada jenis hubungan yang dimiliki setiap orang tua dengan anak-anak mereka. Semakin kuat hubungan orang tua-anak, semakin baik pengasuhan.

Image : usatoday.com

Hubungan antara orang tua dan anak mereka adalah ikatan unik yang memelihara pertumbuhan dan perkembangan holistik seorang anak. Ini meletakkan dasar bagi perilaku, kepribadian, sifat, dan nilai mereka. Jadi mengapa hubungan orang tua-anak yang positif dan sehat itu penting?

Istilah “hubungan orang tua-anak” mengacu pada afiliasi unik dan signifikan antara orang tua dan anak. Secara hukum, hubungan orang tua-anak didefinisikan sebagai hubungan antara seorang individu dengan keturunan biologisnya atau seorang individu dengan anak yang diangkatnya secara sah.

Dilansir dari The Pillars, berikut pentingnya hubungan orang tua-anak:

Anak-anak yang memiliki hubungan yang sehat dengan orang tua mereka lebih mungkin untuk mengembangkan hubungan positif dengan orang lain di sekitarnya. Mereka dapat membangun ikatan dan persahabatan yang aman dengan teman sebaya.

Mereka bisa mengatur emosinya saat menghadapi stres dan situasi sulit.

Keterikatan yang aman dengan orang tua membantu meningkatkan perkembangan kognitif, emosional, dan sosial anak. Ini juga membantu anak-anak menunjukkan perilaku sosial yang positif.

Keterlibatan orang tua yang sehat dalam kehidupan sehari-hari anak-anak mereka membantu memastikan bahwa anak-anak mereka dapat tampil lebih baik secara sosial dan akademis.

Anak-anak yang memiliki hubungan yang aman dan positif dengan orang tua mereka mempelajari keterampilan dan nilai-nilai penting yang menempatkan mereka di jalan menuju kesuksesan di masa depan.

 

 

(NRN)