Tidak Makan Daging Ternyata Ada Manfaatnya

Scarflover Anda mungkin pernah mendengar bahwa membatasi jumlah daging yang Anda makan memiliki berbagai manfaat, termasuk penurunan berat badan dan kesehatan usus yang lebih baik.

Mengurangi daging memang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan dan pengurangan risiko penyakit tertentu. Namun, manfaat ini tampaknya bergantung pada makanan lain yang Anda makan dan jenis daging apa yang Anda batasi.

Dalam hal ini akan mengupas manfaat potensial dari mengurangi atau menghindari daging dan memberikan tips tentang cara makan makanan bergizi dengan lebih sedikit daging.

image: pixabay

1. Dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung

Melansir dari healthline.com salah satu aspek diet nabati yang paling banyak diteliti adalah pengaruhnya terhadap kesehatan jantung.

Baca juga  Begini Cara Akses Telemedisin Gratis dari Kemenkes!

Penelitian kontroversial telah menemukan hubungan antara asupan lemak jenuh, terutama ditemukan dalam daging dan produk hewani, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

2. Dapat meningkatkan kesehatan usus

Serat makanan dan senyawa tanaman bermanfaat adalah dua komponen yang ditemukan dalam makanan nabati yang dapat menyehatkan bakteri usus yang sehat. Pola makan nabati yang membatasi daging cenderung memberikan banyak nutrisi ini.

Secara keseluruhan, makan makanan yang mencakup banyak makanan nabati dan membatasi daging dapat menyehatkan bakteri yang meningkatkan kesehatan.

 

3. Dapat membantu melindungi risiko penyakit kanker

Protein hewani, terutama daging merah dan olahan, telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal dan kanker lainnya. Pola makan nabati yang membatasi daging ini atau mengecualikan daging sepenuhnya dikaitkan dengan insiden kanker kolorektal yang lebih rendah.

Baca juga  Manfaat dari Bagian Buah Sawo untuk Kesehatan

Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 77.000 orang dewasa menemukan bahwa diet vegetarian, termasuk yang termasuk ikan dan beberapa daging, dikaitkan dengan insiden kanker kolorektal yang lebih rendah, dibandingkan dengan diet nonvegetarian.

 

Tips untuk mengurangi asupan daging

Berikut adalah beberapa cara khusus untuk mengurangi asupan daging:

  • Mulailah dengan menukar unggas atau ikan dengan daging merah.
  • Cobalah sumber protein nabati.
  • Regangkan daging dengan protein nabati. Cobalah menambah hidangan tradisional yang banyak dagingnya dengan makanan nabati agar tahan lebih lama!

 

 

(DT)

Translate »