Berenang Dan Segala Manfaatnya Untuk Tubuh

Renang merupakan salah satu olahraga yang banyak disukai oleh orang dari berbagai umur, mulai yang masih balita hingga lanjut usia. Berenang adalah salah satu olahraga yang baik untuk melatih seluruh tubuh Anda dan sistem kardiovaskular Anda.

Melakukan olahraga renang selama satu jam memiliki manfaat untuk membakar kalori yang hampir sama dengan berlari, tanpa berdampak pada tulang dan persendian Anda.

dok. Freepik

Banyak orang yang tidak mengetahui manfaat berenang bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk memberitahu manfaat dari olahraga renang bagi kesehatan tubuh.

 

Bermanfaat bagi keseluruhan tubuh

Renang memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh Anda, dari kepala hingga kaki.

Baca juga  Ragam Manfaat Kacang Merah yang Baik untuk Kesehatan

Adapun manfaat-manfaat tersebut, yaitu:

  • Meningkatkan detak jantung Anda tanpa membuat tubuh Anda stress
  • Mengencangkan otot
  • Membangun kekuatan
  • Membangun daya tahan tubuh

Renang memiliki berbagai gaya yang beragam dan menggunakan otot yang berbeda pula. Oleh karena itu, berenang dapat membentuk massa otot Anda karena olahraga renang hampir menggunakan berbagai kelompok otot dalam pelaksanaannya.

 

Dapat mengobati penyakit Asma

Selain membentuk otot, olahraga renang juga dapat menyembuhkan penyakit Asma. Renang melatih ketahanan pernapasan dan meningkatkan kapasitas paru-paru yang baik untuk melatih para penderita Asma.

Olahraga renang sangat baik untuk melatih sistem kardiovaskuler tubuh Anda. Berenang dapat memperkuat dan memaksimalkan kinerja jantung dan paru-paru, sehingga Anda akan sangat baik untuk mengendalikan pernapasan Anda.

Baca juga  Ginkgobiloba untuk anda si pelupa

 

Meningkatkan kualitas tidur pada malam hari

Renang dapat membantu Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik saat malam hari. Sekitar 50 persen orang dewasa mengalami gangguan pada tidurnya, baik insomnia ataupun kurang nyenyak dalam tidur. Renang menjadi solusi bagi Anda yang menderita hal tersebut. Olahraga renang menjadi olahraga yang lebih menarik perhatian banyak orang dibandingkan dengan olahraga lari.

Renang merupakan olahraga air terfavorit bagi berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan, olahraga ini dapat dilakukan beriringan dengan quality time bersama keluarga Anda.

(HV)

Translate »