Cara Jitu Dalam Menyimpan Durian

Siapa disini yang tidak suka durian? Banyak orang memang tidak terlalu suka dengan buah eksotis ini karena memiliki bau yang cukup tajam. Bau yang dihasilkan berasal dari hasil fermentasi sehingga wajar jika beberapa orang kurang nyaman ketika mencium aromanya. Tetapi, bagi orang yang cita dengan durian, aroma ini malah menjadi salah satu daya tariknya.

Buah ini memang tergolong cukup mahal dan tidak bisa dikonsumsi setiap saat karena harus menunggu musim panen tiba. Ketika saat itu datamg, banyak orang berbondong untuk memborongnya agar bisa mengonsumsinya dalam jangka waktu yang panjang. Untuk menyimpan buah durian sendiri perlu perhatian khusus agar tidak merubah rasa dan kualitasnya. Selain itu juga agar bau dari durian tidak mencampuri bahan-bahan di dalam kulkas. Penasaran gimana caranya? Coba ikutin step by setep-nya dibawah ini.

Image : unsplash
  • Simpan dalam wadah kedap udara

Sering kali ketika menyantap buah durian kita merasa kenyang dan akhirnya menyisakannya. Untuk menyimpannya gunakan wadah kedap udara dan masukkan ke dalam lemari es. Fungsinya agar buah tidak cepat busuk dan tidak menyebabkan kulkas menjadi bau.

 

  • Pisahkan daging dan biji durian

Cara ini dapat mebuat durian lebih tahan lama. Tetapi tetap harus disimpan di wadah kedap udara ya ketika sudah dipisahkan. Daging dan biji yang terpisah akan membuat kualitas daging durian tidak akan berubah.

 

  • Tidak boleh membiarkannya terlalu lama di suhu ruang

Ketika sudah dibuka, durian tidak boleh terlalu lama terkena suhu ruang. Lebih baik unutk segera menghabiskannya. Ketika durian terkena suhu ruang biasanya rasanya akan berubah menjadi lebih hambar dan asam.

Semoga cara ini dapat membantu Scarflover yang kebingungan untuk menyimpan buah ini ya!

 

(MH)