5 Tips Praktis Menabung untuk Traveling

228

Di masa pandemi seperti sekarang ini, hasrat untuk dapat berkumpul dengan orang terdekat rasanya sudah tidak bisa dibendung. Apalagi hasrat untuk traveling. Sayangnya, semua orang harus mempunyai tanggung jawab pribadi dan sosial untuk sama-sama mengurangi jumlah kasus Covid-19 dengan di rumah saja.

Namun, tentunya ada harapan untuk suatu hari kita semua dapat traveling kembali, berkumpul kembali seperti semula. Cara yang dapat Scarf Lover dapat lakukan mungkin dengan menabung terlebih dahulu. Ya, menabung untuk traveling jika pandemi ini berakhir adalah salah satu ide yang mungkin Anda dapat terapkan.

Image: unsplash

Dilansir dari expertvagabond.com, berikut ini adalah tips-tips menabung uang untuk traveling.

1. Belajar Bertanggung Jawab Secara Finansial

Pertama-tama, ini tidak dimaksudkan untuk menghakimi. Kita semua dapat memulai dari sini. Manajemen keuangan pribadi adalah keterampilan yang dapat terus dipelajari. Jika Anda ingin menghemat uang untuk perjalanan traveling, sekarang adalah waktu yang tepat untuk meninjau kembali hal-hal mendasar tersebut, dan mungkin menghilangkan beberapa kebiasaan buruk keuangan yang kita semua peroleh di sepanjang jalan.

Anda dapat membuat komitmen jangka panjang yang signifikan. Menabung cukup uang untuk bepergian, atau apa pun dalam hal ini menuntut pengorbanan, itulah sebabnya mengapa hanya sedikit orang yang berhasil. Pola pikir yang benar adalah segalanya, oleh karena itu belajarlah bertanggung jawab secara finansial mulai dari mengubah pola pikir Anda.

2. Lacak Pengeluaran Anda

Uang sebenarnya tidak membuat stres. Begitu pula dengan pengelolaan uang yang efektif. Jika Anda merasa stres, mungkin ada yang salah dari pengaturan pengeluaran Anda. Melacak pengeluaran adalah bagian penting dari pembelajaran di mana Anda dapat mengurangi, atau bahkan menghilangkan pengeluaran Anda.

Lacaklah dengan cara mencatat kebutuhan pengeluaran Anda selama sebulan. Kemana saja uang tersebut keluar, apa saja yang harus dibeli dan dikorbankan, jangan sampai Anda tidak mengetahui hal tersebut, itu hanya akan membuat Anda boros. Untuk bisa traveling ke banyak destinasi, hal ini perlu dilakukan.

3. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Scarf Lover dapat terapkan hal ini. Ambil selembar kertas dan gambar garis vertikal di tengahnya. Di kiri atas, tulis “KEBUTUHAN” – dan di kanan atas, tulis “INGIN”. Kemudian, tempatkan semua uang yang Anda belanjakan ke dalam salah satu dari dua kolom tersebut.

Bersikaplah sejujur ​​mungkin. Apakah Anda membutuhkan Netflix sekarang? Apakah Anda membutuhkan cappuccino yang selalu Anda miliki saat istirahat makan siang? Bagaimana dengan baju baru?

Hal- hal tersebut perlu dipikirkan, agar Anda dapat mengetahui prioritas antara kebutuhan dan keinginan, karena pada dasarnya, traveling adalah sebuah investasi, jika Anda dapat mengatur keuangan dengan baik, maka Anda akan bisa traveling secara berkala.

4. Kembangkan Kebiasaan yang Menghemat Uang Anda

Anda dapat kembangkan kebiasaan menghemat uang dengan cara-cara sederhana, namun jika dilakukan secara berkelanjutan, akan memiliki dampak yang besar. Sebagai contoh, untuk urusan makanan, Anda dapat memasaknya sendiri, daripada Anda harus mengeluarkan uang And untuk memesan makanan online. Masih banyak cara-cara lain yang dapat Anda lakukan, sekali lahi, sesuaikan dengan prioritas keuangan Anda.

5. Hasilkan Uang Tambahan

Semua orang ingin mendapatkan lebih banyak uang, bukan? Barang siapa yang berusaha, pasti selalu ada peluang untuk mendapatkan uang tambahan meskipun Anda sudah memiliki pekerjaan penuh waktu. Temukan “pekerjaan sampingan” yang dapat Anda lakukan paruh waktu. Mungkin sebagai pengusaha online, guru les, atau hal-hal sesuai dengan keahlian Anda.

Pada dasarnya, semua kembali pada masing-masing individu. Jika Anda baru atau ingin mulai menabung, itulah kiranya beberapa tips menabung untuk traveling yang dapat Scarf Lover ikuti. Selamat mencoba! (AR)