Mengenali Lebih Jauh Tentang Coping Stress

Mengenali Coping Stress

44

Sebagai manusia yang memiliki segudang aktivitas, stress menjadi salah satu hal yang terkadang tak terlepaskan. Stress bisa datang dari pekerjaan, pendidikan, masalah rumah tangga, pertemanan, tekanan, dan lain sebagainya. Bagi beberapa orang menangani stress menjadi hal yang mudah karena terbiasa, tetapi bagi beberapa orang lainnya stress menjadi hal yang sulit untuk ditangani.

Cara orang untuk menangani stress sendiri sangat beragam. Adaa yang menghindarinya dan ada pula yang menghadapinya. Ketika seseorang sudah terbiasa untuk menghindarinya hal ini akan memicu stress yang berlebih dan akan memperparah kesehatan mental.

image: freepik

Coping stress merupakan cara seseorang unutuk mengubah situasi yang menyebabkan timbulnya stress dan mengatur respon emosional yang muncul Bentuk usaha seseorang untuk mengelola tekanan yang ada disekitarnya menjadi fokus dalam coping stress itu sendiri.

Dalam mengatasinya ada orang yang cenderung untuk fokus terhadap permasalahannya sehingga ia meyakini dan merencanakan untuk mengubah situasi yang menekan dirinya. Ia mencoba untuk mengurangi perasaan gelisah yang berkaitan dengan situasinya. Tetapi ada juga yang lebih fokus terhadap emosi yang hadir di dalam dirinya. Ia cenderung tidak melakukan usaha aktif untuk mengubah situasi yang menekan dirinya.

Menghadapi stress tentunya memiliki tantangannya sendri untuk tiap-tiap individu. Mengatahui cara kita dalam coping stress menjadi sebuah keharusan. Jangan biarkan diri lebih sering lari dari kenyataan, menjadi orang yang agresif, menyakiti diri sendiri, melakukan self blaming yang berlebih dan menolak untuk menerima kenyataan. Jadilah orang yang bisa menghadapi situasi ini dengan baik dengan berfikiran positif dengan selalu melakukan hal-hal yang baik dalam memproses dan mencari cara untuk mengelola stress dengan lebih baik.

 

(MH)