Keutamaan Memelihara Kucing Dalam Islam

Kata orang, memelihara kucing itu senang-senang susah. Meskipun kucing adalah hewan yang menggemaskan dan dapat mendatangkan banyak manfaat seperti baik untuk anak autisme, namun merawat kucing tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit dalam perawatannya. 

Namun dibalik semua itu, ternyata kucing adalah hewan yang istimewa dalam islam karena merupakan hewan peliharaan Rasulullah SAW. 

image: unsplash

Allah SWT menjanjikan pahala yang besar bagi siapapun yang berbuat baik kepada binatang. Berikut keutamaan memelihara kucing dan binatang lain, diantaranya:

 

Rahmat pada hari kiamat

Melansir dari sebuah hadist riwayat Bukhari, “Barangsiapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada Hari Kiamat.” 

 

Merupakan Sedekah

Baca juga  Catat! Ini 3 Praktis untuk Raih Peluang Industri Kecantikan

Memang benar dalam perawatan kucing, biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Tapi tidak perlu khawatir Scarflover, karena dalam islam itu semua dihitung pahala sedekah. Orang yang bersedekah niscaya akan dibalas lebih oleh Allah.

 “Pada setiap sedekah terhadap makhluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan mendapatkan pahala kebaikan. Seorang musllim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Diampuni dosa

Dari Syeikh Dr.Muhammad Luqman dalam syarahnya di kitab Adabul Mufrod menyebutkan jika setiap muslim memang sudah dianjurkan untuk selalu berbuat baik pada semua hewan seperti kucing supaya nantinya bisa mendapat ampunan dan juga ridha dari Allah Ta’ala.

Baca juga  Cara Membuat Kaldu Tulang dan Alasan Mengapa Anda Harus Mengonsumsinya

Dalam sebuah hadist riwayat Bukhari, diceritakan “Seorang wanita pelacur melihat seekor anjing di atas sumur dan hampir mati karena kehausan. Lalu wanita itu melepas sepatunya, diikatnya dengan kerudungnya dan diambilnya air dari sumur (lalu diminumkan ke anjing itu). Dengan perbuatannya itu dosanya diampuni”. 

 

Disayangi penghuni langit

Melansir sebuah hadits yang sudah diriwayatkan oleh Musli, Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang penyayang maka juga akan disayangi oleh Allah. Sayangilah makhluk Allah yang ada di muka bumi, maka niscaya juga akan disayangi penghuni langit.

 

Bagaimana Scarflover, tertarik untuk memelihara kucing? 

(NAR)

Translate »