Ini Manfaat Memelihara Hewan untuk Si Kecil

Banyak orang menyukai hewan peliharaan. mereka sampai rela untuk meorogoh kocek yang lumayan dalam untuk mengadopsi hewan peliharaan sebagai teman bermain. Tak hanya orang dewasa saja yang menyukainya, anak-anak pun demikian.

Keterlibatan hewan peliharaan saat berada di dalam rumah bisa membawa aura positif bagi penghuni rumah lho, Scarf Lover.

Hal ini dikarenakan saat anak telah memiliki hewan peliharaan, mereka akan menjadi lebih pengertian dengan peliharaannya. Belajar bagaimana cara mewaratnya dengan baik, memberi makan, hingga bermain bersama.

Pemilihan hewan peliharaan juga tak boleh sembarangan, harus didiskusikan terlebih dahulu. Jangan sampai menyesal dan justru membuat hewan tersebut tidak terpelihara dengan baik.

Baca juga  Memperingati International Women's Day Dengan Mengenal Sosok Hijaber Berprestasi Indonesia

Menurut American Academy of Child and Adolescent Psychiatry dari laman aacap.org, manfaat merawat hewan peliharaan bagi anak-anak adalah dapat membantu mengembangakn keterampilan sosial. Namun yang perlu diperhatikan adalah usia si kecil ya, Scarf Lover. Jika anak masih berusia di bawah tiga sampai 4 tahun, lebih baik diawasi saat bermain dengan peliharaan. Karena pasti mereka belum mengerti apalagi terbiasa dalam mengendalikannya.

Bagi anak kecil, dimana pasti emosinya pun masih belum stabil. Temani anak saat bermain dengan peliharaan, ajak mereka untuk belajar merawat, Anggap peliharaan sama seperti manusia, yang butuh makan, minum dan juga kasih sayang. Lama kelamaan pasti si anak akan mengerti dan tumbuh menjadi orang yang penyayang pula.

Baca juga  Kalahkan Ramen Jepang, Ini Resep Rawon yang Jadi Sup Nomor 1 Terenak di Dunia

Tak hanya itu, ada pula manfaat lain dari anak-anak yang memiliki hewan peliharaannya di rumah.

1. Perlahan sang anak menjadi lebih mengerti tentang kehidupan. Terutama pada saat hewan peliharaannya melahirkan, sakit atau bahkan mengalami kematian.

2. Mereka lebih mengerti tanggung jawab, dalam hal ini adalah dengan merawat hewan peliharaan

3. Mengajarkan rasa hormat terhadap makhluk hidup lainnya

4. Meningkatkan rasa positif dari sisi si kecil

Scarf Lover, tertarik mengadopsi hewan peliharaan untuk si kecil? (AA)

Translate »