Cara Membuat Kaldu Tulang dan Alasan Mengapa Anda Harus Mengonsumsinya

Scarflover pasti sudah tidak asing dengan kaldu yang terbuat dari tulang. Kaldu ini dapat digunakan untuk berbagai macam makanan dan dapat meningkatkan cita rasa makanan. Tidak hanya itu, kaldu ini juga dapat memberikan nutrisi untuk tubuh. Kaldu bergizi tinggi ini biasa digunakan dalam sup, saus, dan makanan berkuah lainnya.

Anda bisa membuat kaldu tulang dengan menggunakan tulang dari hampir semua hewan, seperti ayam, sapi, domba, kalkun, kerbau, ataupun ikan.Sumsum dan jaringan ikat seperti kaki, kuku, paruh, empedu, atau sirip juga bisa digunakan.

Cara membuat kaldu tulang:

image: pexels

Bahan:

  • 1 galon (4 liter) air
  • 2 sdm (30 mL) cuka sari apel
  • 2–4 pon (sekitar 1–2 kg) tulang hewan
  • Garam dan merica secukupnya

Langkah-langkah:

  • Tempatkan semua bahan dalam panci besar atau slow cooker.
  • Rebus semua bahan dengan api kecil hingga mendidih selama 12-24 jam. Semakin lama dimasak, semakin enak rasanya dan semakin bergizi.
  • Biarkan kaldu menjadi dingin. Saring ke dalam wadah besar dan buang padatannya.
  • Untuk membuat kaldu yang paling bergizi, yang terbaik adalah menggunakan beragam tulang – tulang sumsum, buntut sapi, ruas jari, dan kaki.
  • Menambahkan cuka penting karena membantu menarik semua nutrisi berharga dari tulang dan masuk ke air, yang pada akhirnya akan Anda konsumsi.
Baca juga  Sumber Kolagen Mana yang Harus Anda Coba?

Karena sering digunakan untuk menambahkan cita rasa makanan dan dapat menambah nutrisi baik untuk tubuh, berikut beberapa alasan mengapa Anda harus mengonsumsi kaldu tulang:

Mengandung Banyak Vitamin dan Mineral

Kaldu tulang kaya akan mineral yang membantu membangun dan memperkuat tulang Anda. Ini juga mengandung banyak nutrisi sehat lainnya, termasuk vitamin, asam amino, dan asam lemak esensial. Tidak hanya itu, kaldu tulang juga mengandung banyak vitamin dan mineral penting, karena tulang hewan kaya akan kalsium, magnesium, kalium, fosfor, dan mineral lainnya.

Bermanfaat Bagi Sistem Pencernaan

Tidak hanya mudah dicerna, tetapi juga kaldu tulang juga dapat membantu pencernaan.

Baca juga  Sering Kunyah Es Batu, Waspada Akibatnya

Gelatin yang ditemukan dalam kaldu tulang secara alami menarik dan menahan cairan. Gelatin dalam kaldu tulang mendukung pencernaan yang sehat. Mengonsumi kaldu tulang dapat bermanfaat bagi Anda yang memiliki penyakit pada bagian usus.

Dapat Menurunkan Berat Badan

Kaldu tulang biasanya sangat rendah kalori, namun tetap bisa memuaskan rasa lapar. Kaldu tulang mengandung protein yang tinggi yang dapat membantu meningkatkan kontrol nafsu makan, meningkatkan penurunan berat badan, dan mempertahankan massa otot tanpa lemak.

Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Glisin asam amino yang ditemukan dalam kaldu tulang, dapat membantu Anda rileks. Bahkan glisin dapat membantu Anda untuk meningkatkan tidur. Mengonsumsi 3 gram glisin sebelum tidur secara signifikan dapat meningkatkan kualitas tidur untuk Anda yang mengalami kesulitan tidur.

Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi kaldu tulang, Anda juga dapat membuatnya dirumah dan mengonsumsinya secara rutin untuk hasil yang maksimal. (HV)

Translate »