Habis Makan Banyak Gorengan? Konsumsi Makanan dan Minuman Ini!

Inilah Minuman Netralisir Gorengan

42

Siapa yang tidak kenal gorengan? Tentu Anda sudah tidak asing dengan panganan kesukaan masyarakat Indonesia satu ini. Sudah diberi predikat tidak sehat pun, orang-orang tetap saja susah meninggalkan makanan renyah dengan rasa gurih satu ini. Namun, jika Anda salah satu orang yang Anda juga harus berhati-hati dengan lemak yang ada di dalam gorengan ini. Jangan sampai makanan kesukaan Anda malah memberi efek buruk buat tubuh.

Dilansir dari klikdokter, berikut beberapa asupan yang bisa membantu menetralkan lemak sehabis makan gorengan.

 

 

  • Air kelapa
sumber: klikdokter.com

 

Minum air kelapa setelah makan gorengan, membuat metabolisme tubuh Anda tetap berjalan dengan baik. Dengan begitu lemak tidak akan menumpuk di perut dan risiko peradangan kronis juga menjadi lebih rendah.

 

 

  • Teh jahe
sumber : productnation.co

 

Menrut studi dalam Journnals of New York Academy of Science, jahe dipercaya bisa mencegah obesitas dan menurunkan kolesterol setelah Anda mengonsumsi makanan berlemak. Tak sampai disitu, jahe ternyata juga mampu mengurangi risiko  penumpukkan lemak di pembuluh darah arteri salah satu penyebab penyakit jantung dan stroke.

 

 

  • Asupan probiotik
image: unsplash

 

Mengonsumsi sesuatu yang mengandung probiotik, seperti yoghurt atau kimchi, juga bisa jadi pilihan Anda setelah makan banyak gorengan. Adanya kandungan bakteri baik dipercaya dapat menjaga kesehatan saluran cerna, sekaligus menurunkan kolesterol tinggi.

 

 

  • Sayur dan buah
image: freepik

 

Tak bisa dipungkiri bahwa sayur dan buah adalah sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Tak hanya itu, kandungan seratnya yang tinggi menjadikan sayur dan buah sebagai makanan tersehat yang bisa Anda konsumsi. Dr. Alvin Nursalim, SpPD., menuturkan, makanan tinggi serat seperti sayur dan buah memang baik untuk kesehatan jantung dan saluran cerna.

 

 

  • Air putih hangat
image: pixabay

 

Mengonsumsi air hangat setelah makan makanan yang berlemak, seperti gorengan, dipercaya dapat membantu mengaktifkan sistem pencernaan dan memecah lemak, sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Jika Anda kurang minum air maka Ansa akan mengalami dehidrasi dan bahkan bisa berakhir dengan konstipasi atau sulit BAB.

 

(CD)