3 Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Sepatu Lari

Ketahuilah Sepatu Running Ini

33

Sepatu merupakan salah satu item penting untuk berolahraga. Salah memilih sepatu, bisa-bisa kaki Anda jadi tidak nyaman bahkan cedera. Tentu kondisi ini sangat tidak menyenangkan dan menganggu aktifitas Anda bukan? Untik itu, penting bagi Anda untuk dapat memilih sepatu  running yang cocok dan nyaman dengan kaki.

Mencari sepatu yang cocok tidak hanya dilihat berdasarkan harga atau tampilannya saja lho Scarflover, tetapi sebagai seorang Anda harus memperhatikan aspek yang lebih dari itu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih sepatu lari!

 

 

  • Sesuaikan sepatu dengan medan lari Anda

 

Jenis sepatu lari berdasarkan jalur lari dibagi menjadi 3 subkategori: road-running shoes, trail-running shoes, dan cross-training shoes. Road-running shoes digunakan untuk Anda yang biasanya lari di jalan, trotoar, atau mungkin di permukaan apapun yang datar dan keras. Namun, jika Anda gemar berlari di trek yang naik turun bukit dipenuhi batu, lumpur, atau akar, sepatu lari yang seharusnya Anda gunakan adalah jenis trail-running shoe. Sementara itu, sepatu lari jenis cross-training shoes dirancang untuk para pengguna gym atau latihan Crossfit.

 

 

  • Pilih sesuai bentuk kaki
image: scuba diving

 

Pada dasarnya, terdapat tiga bentuk telapak kaki yaitu normal archlow arch, dan high arch. Pertama, normal arch memiliki sudut kelengkungan yang normal di sisi dalam telapak kaki. Dengan bentuk telapak kaki ini akan disarankan menggunakan sepatu dengan sedikit lengkungan di bagian tengah sepatu. Kedua, bentuk telapak kaki low arch memiliki sudut kelengkungan kecil sehingga terlihat agak rata. Sepatu yang cocok biasanya adalah sepatu dengan motion control. Ketiga, orang dengan bentuk kaki high arch memiliki bagian tengah kaki yang lebih tipis dibanding bentuk kaki lainnya. Tipe gerakan kaki ini adalah underpronation dengan gerakan kaki menekuk ke dalam. Pemilik bentuk telapak kaki ini biasanya memiliki kaki berbentuk O. Sehingga, butuh pemilihan sepatu yang tepat.

 

 

  • Jangan beli hanya karena modelnya, perhatikan fitur fisik sepatu lari Anda

 

Beberapa orang dalam memilih sepatu lari lebih mementingkan model dan berpikir kalau semua sepatu lari sama saja. Padahal, penting bagi Anda untuk memilih sepatu lari yang sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan aspek penting lainnya seperti pilihlah yang sesuai dengan berat badan Anda dengan bantalan yang lebih tebal dan empuk. Serta, jangan memilih sepatu yang benar-benar pas. Harus ada jarak selebar ibu jari dari ujung depan sepatu ke jari kaki.

 

(CD)