Menengok Jakarta Creative Hub, Dengan Mewujudkan Usaha Anda!

Jakarta Creative Hub (JCH)  dibangun untuk mewujudkan mimpi bagi para pelaku usaha muda di Jakarta untuk mengembangkan kreatifitas dan berwirausaha. Tempat ini berlokasi di lanati 1 Gedung Graha Niaga Thamrin, Jakarta Pusat. JCH sudah diresmikan pada tiga tahun lalu tepatnya pada bulan Maret 2017 oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama.

image : Instagram/nurchalidach_

Scarflover untuk mewujudkan usaha, Anda dapat diberikan fasilitas ruangan yang berada di Jch. Ruangan ini didesain dengan konsep kreativitas sesuai dengan namanya Jakarta Creative Hub. Ruang ini tersedia dalam bentuk seperti kelas-kelas dengan memiliki tiga ruangan yang tersedia dan bisa digunakan sebagai tempat workshop, seminar, ataupun pameran. Makerspace area, yang juga dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

Baca juga  Hadirnya Lima Jubir Baru untuk Penyampaian Informasi Vaksin Covid-19 yang Lebih Kredibel

1.  Area fashion ada beberapa mesin jahit, mesin jahit kulit, mesin obras, penipis kulit, dan mesin gerber.

2. Woodworking ada peralatan perkayuan yang bisa dibilang sangat lengkap, bahkan ada beberapa mesin kategori high end seperti CNC router dan vacuum forming.

3. Dan di lab digital tersedia unit komputer, mesin laser cutting, dan unit 3D printer.

Di dalam JCH juga terdapat area kafe dan perpustakaan yang terbuka untuk umum. Siapapun boleh datang dan menggunakan fasilitas di area ini, untuk bekerja, meeting, sekadar membaca buku, ataupun bertemu dengan sesama pelaku industri kreatif lainnya.

Baca juga  Berdayakan UKM dari Rumah, Fery Farhati Ajak Pengrajin Tetap Produktif di Kala Pandemi

Lalu usaha apa saja yang masuk dalam kategori pelaku usaha kreatif di JCH?

Kategori yang termaksud dalam usaha kreatif yang ada di JCH ini, seperti bidang arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, kriya, branding dan digital marketing, IoT, produksi hingga desain packaging.

Namun Scarflover, jangan khawatir untuk di sini Anda dapat diberikan pelatihan untuk pembekalan Anda. Pelatihannya beragam ada yang berbasis hard skill, khususnya yang menggunakan peralatan di makerspace, seperti yang diselenggarakan pihak Indoestri. Ada juga pelatihan berbasis soft skill yang menunjang pengembangan usaha kreatif, seperti public speaking workshop, marketing, perizinan usaha, dan sebagainya.

 

(DT)

Translate »