Kumpulan Surah Al-Quran Untuk Memotivasi Diri

Setiap ayat dalam surah al-Quran memiliki nilai-nilai yang bisa diamalkan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Salah satunya dengan mengingat dan percaya pada Allah SWT pemilik dunia dan isi-isinya hati menjadi tenang. Sebab tidak ada yang perlu diragukan. Karena atas kehendak Allah SWT semua dapat terwujudkan. Tergantung bagaimana manusia berusaha dan berdoa.

image: freepik.com

Yakin bahwa Allah SWT selalu bersama hamba-hambaNya. Baik dalam keadaan susah maupun senang. Berikut 3 ayat dan surat dalam al-Quran untuk memotivasi diri Anda.

 

  • Surah Al Insyirah ayat 6

إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

Artinya: Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

 

Arti dari surah Al-Insyirah ayat 6 ini memberi semangat untuk selalu berusaha melakukan yang terbaik sesuai aturanNya. Karena Allah tidak akan meninggalkan habaNya yang telah melakukan usaha terbaik. Seperti sebuah kalimat bahwa “Usaha tidak akan mengkhianati hasil”. Hal ini juga atas izin Allah SWT yang menghendaki. Jangan merasa kita serba bisa.

 

  •  Surah Ar Ra’d ayat 28 
Baca juga  Jangan Dipendam, Biarkan Anak Ekspresikan Perasaannya Lewat Cara Ini!

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

 

Artinya: (yaitu) orang-orang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.

Arti dari surat Ar Ra’d ayat 28 mengingatkan bahwa jangan sampai sebesar kesulitan maupun masalah yang sedang kita hadapi membuat kita semakin jauh bukan semakin dekat padaNya. Bahkan melakukan hal-hal yang membuat kita tenang padahal hal tersbut dilarang olehNya. Ingat, bahwa sebesar apapun kesulitan, masih ada Allah yang maha berkehandak, berkuasa dan pemilik dunia seisinya.

 

  • Surah Al-Baqarah ayat 216
كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ ۚ وَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ وَعَسٰٓى اَنْ تُحِبُّوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ ࣖ

Artinya: Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

Baca juga  Hukum Percaya Ramalan dalam Islam

 

Manusia mungkin bisa berencana namun, Allah yang tetap menentukan baik buruk untuk. Allah SWT mengingatkan dalam surah Al-Baqarah ayat 216.

 

  • Surah Al-Baqarah ayat 186
وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

Artinya: “Dan apabila hamba-hamba-ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.

 

Cara berkomunikasi dengan Allah ialah bangun di sepertiga malam dan berdoa padaNya. Allah SWT mengingatkan kepada hamba-hambaNya untuk selalu berdoa dan jangan malu untuk terus meminta petunjuk padaNya. Allah SWT juga mengingatkan bahwa diriNya itu dekat.

(TS)

Translate »