Cara Mendapatkan Lailatul Qadr

16

Lailatul Qadr adalah malam yang paling dinanti oleh orang-orang beriman pada Bulan Ramadan. Karena beribadah di malam Lailatul Qadr secara full lebih baik daripada beribadah seribu bulan atau 83 tahun lebih. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman dalam Surat Al-Qadr ayat 3:

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

 “Malam lailatul Qadr itu lebih baik daripada seribu bulan”

Lalu, dimana malam lailatul Qadr itu berada? Malam itu dirahasiakan oleh Allah SWT. Namun, Nabi SAW meminta kita mencari Malam Lailatul Qadr pada sepuluh malam terakhir di Bulan Ramadan. Khususnya, lebih ditekankan pada malam-malam ganjil dalam sepuluh malam terakhir di Bulan Ramadan yaitu, malam 21, 23, 25, 27 dan 29.

Nabi SAW bersabda: “Carilah malam Lailatul Qadr di sepuluh malam terakhir diBulan Ramadan” (HR Bukhari Muslim).

Kemudian terbesit dalam pikiran kita, bagaimana cara mendapatkan malam Lailatul Qadr? Mengutip dari perkataan ustad Muhammad Nuzul Dzikri, ada 9 cara upaya kita dalam mencari dan mendapatkan malam Lailatul Qadr

1. Menjaga Sholat Wajib

Salahsatu cara mendapatkan malam Lailatul Qadr ialah, melaksanakan solat wajib. Khususnya solat isya dan subuh secara berjamaah. Berdasarkan hadist dibawah, Imam Asy-Syafi’i berpandangan bahwa orang yang solat isya dan subuh berjamaah, maka ia mendapatkan Lailatul Qadr.

“Barangsiapa shalat isya berjamaah, maka seakan-akan dia telah shalat setengah malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah, maka seolah-olah dia telah shalat semalam suntuk” (HR. Imam Muslim)

2. Sholat Teraweh Berjamaah

“Barangsiapa shalat malam bersama imam sampai selesai, maka dicatatkan baginya pahala samalam suntuk” (HR. Imam Tirmidzi)

3. Memperbanyak Membaca Al-Qur’an minimal 100 ayat

Image: Ali Burhan dari Pexels

Memperbanyak bacaan al-Quran, minimal 100 ayat dalam sebuah malam. Lebih dari yang ditentukan itu lebih baik, Scarf Lover.

“Barangsiapa yang membaca seratus ayat di sebuah malam, maka dicatatkan baginya ibadah semalam suntuk” (HR. Ahmad yang disahihkan oleh al-Imam al-Bani dalam Shahil Jami)

4. Memperbanyak Do’a

Image: Hebert Santos dari Pexels

Cara ke 4 untuk mendapatkan Lailatul Qadr ialah, memperbanyak do’a. Khususnya do’a yang diajarkan Nabi pada Istri beliau:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

 “Ya Allah sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha Pengampunan dan menyukai ampunan, maka ampunilah diriku” (HR.Tirmidzi)

5. Memperbanyak muhasabah/ intropeksi diri

Salahsatunya cara mendapatkan Lailatul Qadr dengan bermuhasabah/ intropeksi diri. Mungkin kita memiliki sikap/ perkataan yang secara tidak sadar menyakiti oranglain. Untuk itu, Perbanyak bertaubat dan beristighfar kepada Allah.

6. Memperbanyak dzikir

Image: Michael Burrows dari Pexels

Memperbanyak Dzikir khususnya diakhir tengah malam. Karena waktu itu merupakan waktu terdekat hamda dan Rabb Nya. Nabi SAW bersabda:

“Waktu terdekat Ar Rabb (Allah) dengan hamba-Nya adalah ditengah malam terakhir, apabila engkau mampu menjadi bagian orang-orang yang berdzikir kepada Allah di waktu tersebut, maka jadilah (bagian orang-orang tersebut)”. (H.R Tirmidzi dan disahihkan oleh al Imam al-Albani).

7. Membaca 2 ayat terakhir Al-Baqarah

“Barangsiapa membaca dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah di sebuah malam niscaya dua ayat tersebut akan memberikan kecukupan kepada dirinya”(HR Bukhari dan Muslim)

Makna ‘kecukupan’ disini ialah, mencukupkan dari ibadah dimalam hari.

8. Berpenampilan baik

Image: Monstera dari Pexels

Berpenampilan baik seperti mandi, menggunakan pakaian yang baik dan menggunakan parfum di 10 malam terakhir diBulan Ramadan. Karena ini termasuk sunnah para ulama. Seperti, Anas bin Malik, Tamim ad-Dari, Ayyub ashkitiyani.

9. Bangun & ajak keluarga untuk beribadah

Mengajak keluarga untuk ikut mencari dan mendapatkan malam Lailatul Qadr.

“Dahulu Nabi Shallallahu alaihi wasallam apabila telah masuk sepuluh malam terakhir bulan ramadan, maka beliau mengencangkan ikat pinggangnya, menghidupkan malam-malamnya dan membangunkan keluarganya”(HR Imam Muslim)

10. Lakukan ibadah dengan keimanan dan keyakinan

Apabila Scarf Lover melakukan semua ibadah dengan penuh keimanan dan keyakinan. Serta melakukannya dengan hati yang antusias dan bahagia untuk mendapatkan pahala. Maka, dosa-dosanya yang lalu akan diampuni oleh Allah SWT.

“Barangsiapa yang shalat di malam Lailatul Qadr karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR. Imam Muslim)

Yuk sama-sama kita fokuskan diri untuk mencari malam Lailatul Qadr tahun ini. Semangat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan!

(TS)