Benarkan Daging Wajib Dicuci?

38

Siap-siap untuk Hari Raya, tentu Anda akan mempersiapkan banyak hidangan yang menggunakan daging sebagai bahan utama. Banyak orang menyukai daging karena cita rasa empuknya yang super lezat.

Dalam hal mengolah daging, sebagian dari Anda berpikir akan lebih pas jika awalnya daging dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri selepas dari pasar atau supermarket. Sama halnya seperti buah dan sayur yang harus dicuci dengan air mengalir.

Padahal hal tersebut tidak perlu dilakukan lho, Scarf Lover.

Image: Pexels by Lukas

Mengutip Medical News Today, daging umumnya memiliki dua bakteri yakni Campylobacter dan Salmonella. Apabila Anda mencuci daging, akan menyebabkan bakteri tersebut berpindah ke tangan atau pakaian atau peralatan lain disekitar. Hal ini justru mengkhawatirkan bila terjadi kontaminasi silang.

Kontaminasi silang dapat menyebabkan bakteri masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit, seperti keracunan makanan.

Sulit untuk menghilangkan beberapa jenis bakteri dari daging, bahkan dengan mencucinya berkali-kali. Jika ingin merendam daging, yang terbaik adalah melakukannya di lemari es.

Memasak daging dan unggas dengan suhu tinggi sudah cukup untuk membunuh semua bakteri. Alhasil tak perlu dibersihkan dengan menggunakan air.

Bicara kontaminasi silang, tentu akan sangat berbahaya. Bakteri Campylobacter yang ada pada daging adalah penyebab utama terjadinya gastroenteritis yang diakibatkan oleh bakteri.

Gejala paling umum dari infeksi ini adalah diare, yang seringkali mengandung darah. Gejala lainnya termasuk sakit perut, demam, sakit kepala, mual, muntah

Bakteri lain yang umumnya ada pada daging adalah Salmonella. Gejala infeksi Salmonella mirip dengan infeksi Campylobacter.

Dalam beberapa kasus, infeksi Salmonella bisa menjadi serius, hingga dapat membutuhkan pertolongan rumah sakit, terutama bagi beberapa orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Kasus-kasus ini lebih umum terjadi pada mereka dengan sistem kekebalan yang lemah, orang dewasa yang lebih tua, dan anak-anak di bawah usia 5 tahun.

Wah, ternyata sangat berbahaya ya, Scarf Lover. Mencuci daging bukanlah ide yang baik. Terlepas dari apakah itu dilakukan sebelum memasak, membekukan, atau mengasinkan, pencucian dapat menyebabkan kontaminasi silang. Karena yang terpenting bisa menghilangkan bakteri dari daging adalah dengan cara memasaknya.

(AA)