Beberapa Cara Merawat Kulit di Sekitar Mata Anda

Kulit di sekitar mata Anda adalah salah satu bagian tubuh yang dapat menunjukkan tanda-tanda penuaan dini, terutama tanpa perawatan yang tepat. Kulit di sekitar mata Anda lebih tipis dan lebih halus daripada kulit di bagian tubuh Anda yang lain.

Mata banyak bekerja sepanjang hari, dari mulai berkedip hingga mengekspresikan emosi, ini saja dapat menyebabkan penuaan dini jika tidak dirawat dengan baik. Faktor genetik, sinar ultraviolet (UV), stres, dan pilihan gaya hidup yang tidak sehatjuga dapat menyebabkan kulit di sekitar mata cepat menua.

Masalah yang umum pada area mata yaitu, lingkaran mata yang hitam, garis-garis halus, dan juga bengkak (termasuk kantung mata). Namun tidak peduli berapa usia Anda, tak ada kata terlalu dini atau terlambat untuk merawat mata Anda dengan sejumlah skincare untuk mata.

Berikut ini beberapa cara merawat kulit di sekitar mata anda,

image: pexels

Menggunakan Pelembap

Tahap pertama untuk merawat kulit agar tidak cepat menua ialah dengan menggunakan pelembap. Melembabkan kulit dapat mengurangi munculnya garis dan kerutan pada kulit. Hal yang sama berlaku untuk area mata kita.

Anda bisa menggunakan pelembap yang sama seperti wajah Anda untuk dibagian mata, selama tidak mengiritasi mata dan memberikan kelembapan yang cukup. Namun, perlu diingat bahwa kulit di sekitar mata Anda tipis, jika Anda merasakan sensasi menyengat atau mata Anda menjadi berair atau merah, hindari menggunakan pelembab wajah biasa, dan gunakan krim khusus bagian mata. Karena krim mata mengandung cukup bahan aktif yang dapat membantu mengurangi kerutan dan garis halus.

Baca juga  Apa Yang Dimaksud Skin Barrier ?

Periksa Bahan Pada Skincare

Saat Anda sedang berburu krim mata yang tepat, penting untuk mengetahui bahan yang harus dicari berdasarkan apa permasalahan yang Anda miliki. Jika permasalahan Anda adalah garis halus, sebaiknya mencari bahan yang memberikan efek “mengembang” langsung. Pilihlah bahan-bahan yang merangsang produksi kolagen seperti, retinoid (berdasarkan resep), retinol, turunan vitamin A, dan peptida.

Apabila Anda memiliki masalah hiperpigmentasi atau lingkaran mata berwarna hitam, sebaiknya Anda memilih skincare yang mengandung arbutin, hidrokuinon, asam kojic, vitamin C, kedelai, niacinamide, asam azelaic.

Dan untuk permasalahan mata yang bengkak, Anda bisa mengobatinya dengan tidur yang cukup atau dengan minum cukup air. Anda juga bisa menggunakan skincare dengan kandungan kafein, teh hijau dan polifenol berry kopi, dipeptide-2 (Eyeliss), dan ramuan willow untuk mengurangi mata bengkak.

Bersikap Lembut Pada Bagian Mata

Dari menghapus riasan mata hingga mengaplikasikan produk ke kulit di sekitar mata, penting untuk berhati-hati. Kulit disekitar mata sangatlah tipis, oleh karena arena itu tekanan ekstra dari aktivitas sehari-hari berpotensi menyebabkan garis halus ekstra.

image: pexels

Perlindungan Matahari Adalah Suatu Keharusan

Paparan sinar matahari berperan besar dalam proses penuaan kulit dan dapat menyebabkan kulit di bawah mata Anda menjadi lebih gelap. Tabir surya merupakan skincare yang tak boleh terlupakan dari rutinitas perawatan kulit dan harus digunakan setiap hari. Meski di luar tampak suram, sinar UVA tetap bisa menyebabkan kerusakan. Selain itu, jangan lupakan kelopak mata atas Anda. Ini adalah salah satu area yang paling diabaikan saat mengaplikasikan tabir surya.

Baca juga  Mengenal Japandi Style dalam Design Interior

Manjakan Diri Anda Dengan Pijatan

Jika Anda menyadari bahwa mata bengkak Anda cenderung datang dan pergi tetapi terlihat lebih jelas saat Anda lelah atau belum tidur nyenyak, pijat sederhana mungkin bisa membantu.

Memijat di bawah mata Anda dapat membantu meningkatkan sirkulasi di sekitarnya. Tekanan dari pijatan dapat membantu mengalirkan kelebihan cairan di sekitar area ini dan mengurangi bengkak.

Tidur, Makan Dengan Baik, Dan Berolahraga

Anda harus menerapkan pola hidup yang sehat dengan memiliki waktu tidur yang cukup, makan yang menyehatkan, serta berolahraga. Tidur setidaknya enam jam setiap malam dan secara teratur berolahraga untuk meningkatkan sirkulasi darah. Kurangnya tidur dapat membuat kulit di sekitar mata akan menjadi lebih gelap, bengkak, dan terlihat “tidak sehat”. Makanan yang menyehatkan juga dapat membuat daerah sekitar mata tidak gelap. Carilah makanan tinggi kalium, seperti pisang. Minum cukup air setiap hari juga penting.

(HV)

Translate »