Jakarta Fashion Week 2021 Persembahkan Tribute To Barli Asmara

Dalam rangka mengenang salah satu designer bertalenta di Indonesia, Barli Asmara, Jakarta  Fashion Week dan Mandiri Private mempersembahkan penampilan peragaan busana Tribute to Barli Asmara di acara pageralan mode fashion Jakarta Fashion Week 2021.

Dibagi menjadi dua sekuen, total koleksi yang ditampilkan sebanyak 48 koleksi di mana 24 diantaranya merupakan karyanya selama 18 tahun terakhir dan 24 lainnya adalah koleksi terbaru label Barli Asmara di masa yang akan datang.

image: jakarta fashion week 2021

Dalam sekuen pertama, koleksi yang ditampilkan merupakan koleksi Barli Asmara tahun 2008 – 2018, koleksi-koleksi tersebut merupakan koleksi yang menjadi pilihan Barli untuk dimasukkan ke dalam buku biografinya yang berjudul “15 Warsa Barli Asmara: Di Antara Gemerlap Ornamentasi”.

Baca juga  Jakarta Muslim Fashion Week 2023 Tampilkan 1.000 Koleksi dari 144 Desainer/Brand
image: jakarta fashion week 2021

Beberapa diantaranya adalah seperti koleksi pada tahun 2008 yang bernama All About Ribbon dengan ornamen pita yang cantik memberikan kesan riang dan meriah, koleksi tahun 2014 Royal Javanese, yang menampilkan pesona budaya Jawa dalam gaun bermotif truntum, dan salah satu koleksi terbarunya pada tahun 2018 yang bernama La Vie Boheme, terinspirasi dari era 1970-an dengan dominan warna emas dan penggunaan ornamentasi beadings.

Sedangkan dalam sekuen kedua, koleksi yang dinamakan La Danza de La Vida merupakan koleksi terbaru dari Barli Asmara Prêt-à-Porter. Berada di bawah kepemimpinan direktur kreatif baru Lestie Tobing, koleksi ini sebagai bentuk penghormatan kepada Barli dengan cara merayakan hidupnya yaitu berdansa.

Terinspirasi dari tarian dan kostum dari America Latin, seperti rumba dari Cuba, Samba dari Brazil, dan Arunguita dari Argentina, dalam koleksi ini ditonjolkan keindahan serta kebebasan bergerak dari setiap busana yang ditampilkan. Tanpa meninggalkan ciri khas dari Barli seperti siluit ultrafeminin dan penggunaan bahan seperti brokat, chiffon, tulle, serta katun, busana ini akan bergerak, melayang, bergoyang, seolah busana-busana tersebut berdansa dalam setiap langkah pemakainya.

Baca juga  Jimmy Choo Luncurkan Heated Boots Untuk Menghadapi Musim Dingin

Pengaplikasian pada ruffle, tangan gelembung, dan rok tiered, tetap menjadi detail utama pada koleksi kali ini. Tidak hanya itu, eksplorasi warna dan motif bunga juga diimplementasikan untuk menggambarkan kemeriahan dari tarian dan kostum Amerika Latin.

(AN)

Translate »