Ikon Jakarta Fashion Week 2023, Dobrak Definisi ‘Cantik’ yang Toksik

JFW Model Search yang merupakan rangkaian gelaran Jakarta Fashion Week (JFW) 2023 telah selesai. Dari seluruh tantangan dan penilaian yang telah diberikan pada para finalis selama karantina, formasi juri yang terdiri dari Andandika Surasetja, Kelly Tandiono, dan Panca Makmun secara mutlak memilih Jacey Philana (18) asal DKI Jakarta serta Viknes Waren (22) asal Bali sebagai model yang dianggap paling tepat untuk menjadi JFW 2023 Icons.

Image: JFW 2022

Sepasang JFW 2023 Icons ini mencuri perhatian lantaran karakter fisik, keunikan, serta kemampuan yang mereka tampilkan dalam seminggu.

Baca juga  Klamby Hadirkan Dua Koleksi Wastra Tenun Tapis dan Lurik di IN2MF 2023

Andandika Surasetja selaku Creative Director JFW 2023, mengatakan, “Jacey dan Viknes itu sangat versatile. Mereka punya level of quirkiness yang cukup tinggi. Mereka unik dan bisa membawakan keunikan mereka untuk masuk ke dalam setiap konsep (dalam tantangan) sehingga hasilnya bisa menjadi indah, sangat bisa dinikmati,” kata pria yang akrab disapa Dika.

Tahun ini, JFW mengambil keberagaman atau diversity sebagai prinsip dalam pelaksanaanya, termasuk dalam keputusan memilih Jacey serta Viknes sebagai ikon.

Baca juga  Burberry Top Looks London Fashion Week SS20

“Kalau sebelumnya kulit putih atau Kaukasian selalu dianggap lebih baik, JFW mau mendobrak stigma tersebut,” ujar Dika. Ia menambahkan, “Statement JFW adalah bahwa orang Indonesia itu beragam, baik dari warna kulit, rambut, dan bentuk tubuhnya. Representasinya di setiap finalis itu ada. Jadi, kami ingin tetap menjaga identitas kita bahwa di Indonesia itu semua (bentuk kecantikan) ada,” ujarnya.

Translate »