SPOTLIGHT Indonesia Mengedepankan Wastra dan Sustainable Fashion

Perhelatan SPOTLIGHT Indonesia 2023 Culture: Then and Now disenggarakan oleh Indonesia Fashion Chamber (IFC) mulai tanggal 16 sampai 18 November 2023 di Pos Bloc Jakarta dengan menghadirkan kegiatan fashion show, exhibition, instalasi sustainable fashion, talkshow, dan workshop. Lebih dari 100 desainer, jenama, dan institusi pendidikan menampilkan koleksi ready-to-wear berbasis sustainability dan mengangkat wastra, craftsmanship, dan inspirasi dari budaya Indonesia yang didesain kontemporer dan bercita rasa global.

“Selain memperkuat ekosistem fesyen nasional melalui optimalisasi penggunaan wastra dan konsep sustainability, kami berharap SPOTLIGHT Indonesia dapat memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa produk berbasis wastra dan sustainable itu menarik, tidak harus mahal, dan jauh lebih baik. Serta edukasi kepada para desainer dan pelaku usaha fesyen untuk saling melihat perkembangan tren terkini, memproduksi koleksi yang berkualitas dan layak tampil di runway, dan menjalankan sistem bisnis yang sustainable,” papar Riri Rengganis, Project Director SPOTLIGHT Indonesia.

Gelaran hari kedua SPOTLIGHT Indonesia 2023 turut menghadirkan parade koleksi modest wear yang menerapkan konsep sustainability melalui penggunaan konten lokal seperti wastra dan kerajinan tangan maupun konsep ramah lingkungan.

Baca juga  3MONGKIS Perkenalkan Konsep Sleepwalking dalam Jakarta Fashion Week 2021

1. Maima

Image: SPOTLIGHT Indonesia

Kali ini Maima hadir dengan koleksi bertajuk Potrait of Geranium dengan menampilkan objek bunga dengan warna monochrome yang memiliki nilai estetika tersendiri jika dibandingkan dengan foto berwarna pada umumnya. Bahan yg digunakan adalah bahan katun, semi katun dan dipadukan dengan kain tenun bulu sabilulungan yang berasal dari daerah tasikmalaya dengan ciri khas akan texturenya.

Pada koleksi ini terdapat 8 looks dengan warna dominan yang digunakan yaitu cream yang dipadukan dengan warna monochrome (black & white). Teknik yang digunakan yaitu digital printing & teknik patch, menggunakan siluet A & H.

2. L’Mira Ethnique

Image: SPOTLIGHT Indonesia

Pada perhelatan Spotlight Indonesia 2023 yang mengusung konsep Sustainable Fashion ini, L’Mira Ethnique menampilkan 8 koleksi yang terangkai indah dalam sebuah judul “Tenun Berkisah”.

Sesuai konsep Sustainable Fashion yang diusung oleh acara ini, L’Mira Ethnique menampilkan Wastra Tradisional yang mewakili hampir seluruh bagian Indonesia. Fashion Show “Tenun Berkisah” ini, menampilkan padu-padan ragam wastra yang begitu mewakili Indonesia: Dari Sumatera, bisa terlihat terdapat kain dari Aceh Tenggara, Ulos Batak, Songket Pandai Sikek Sumbar, hingga Kain Tampan motif Kapal, khas Lampung Lawas.

Baca juga  Garis Poetih Fashion and Trade 2023, Persembahan Ivan Gunawan untuk Desainer dan Buyers

3. Hanna

Image: SPOTLIGHT Indonesia

Bertema “kalpataru” pada koleksi kali ini Hanna berkolaborasi dengan HK untuk menggunakan materials Micro Modal tencel dan penggunaan teknik eco printing. Koleksi ini terinspirasi dari pohon kalpataru yang berarti pohon keinginan yang diharapkan koleksi hanna kali ini dapat bermanfaat positif bagi masyarakat dan juga lingkungan.

Dengan pemilihan bahan Micro modal yang mengangkat unsur sustainable fashion, selain bermanfaat untuk penggunaan pada sektor fashion dapat berguna untuk lingkungan dengan menggunakan materials yang sustainable sebagai salah satu konsep kecintaan pada lingkungan.

Koleksi yang ditampilkan adalah dress dengan siluet dress A dan X serta pemilihan warna-warna dalam koleksi ini mengarah pada warna earth tone yang digambarkan pada warna2 pada pohon kalpataru.

4. Jenna&Kaia

Image: SPOTLIGHT Indonesia

Jenna&Kaia dengan bangga mempersembahkan koleksi terbaru mereka, “Isvara,” yang mengusung tema “Women in Power.” Konsep koleksi ini tidak hanya sekadar tren fashion, tetapi juga merupakan sebuah pernyataan tentang kekuatan perempuan. “Isvara” menggambarkan semangat perempuan kuat dari suku Baduy, yang bekerja sama dengan Jenna&Kaia untuk menciptakan pakaian yang memadukan keanggunan siluet power-suits dengan tenunan khas Baduy.

Translate »