Apakah Puasa Daud Tidak Boleh Diputus?

Banyak jenis puasa sunnah yang bisa dilakukan orang muslim, salah satunya adalah puasa Daud. Puasa Daud adalah puasa sunnah yang banyak dilakukan orang untuk meningkatkan ketakwaan. Cara untuk melakukannya adalah dengan sehari berpuasa dan sehari berbuka. Seperti dalam hadist dijelaskan:

Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah puasa Daud ‘alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdhal.” (HR. Bukhari)

Puasa Daud dilakukan oleh Nabi Daud AS sepanjang hayatnya. Tetapi banyak yang beranggapan bahwa sekali kita sudah berpuasa Daud tidak boleh terputus dan jika terputus harus mengulang lagi. Apa benar begitu?

Baca juga  Libur Panjang Imlek 2021, Mobilitas Pelaku Perjalanan Diperketat

Disampaikan oleh Buya Yahya melalui kanal YouTube-nya Buya Yahya, tidak ada yang melarang untuk memutus puas Daud karena memang termasuk puasa sunnah yang mana hukumnya adalah dianjurkan dan tidak diwajibkan.

“Puasa Daud saja bentuknya hari ini puasa besok tidak, kalau setelah puasa Daud sebulan saya ingin berhenti dulu ya sah, itu namanya sunnah,” ujar Buya Yahya.

Baca juga  Doa Agar Senantiasa Terhindar Dari Masalah

Seperti jika hari ini kita berpuasa Daud, kemudian lusa memutuskan untuk tidak berpuasa, atau saat sedang berpuasa terdapat hal yang mengharuskan kita untuk batal, hal tersebut bukanlah menjadi masalah dan bisa dilanjutkan kembali. Walaupun memang jika kita semakin isqtiqomah itu semakin baik, namun tidak ada larangan untuk membatalkannya. (AN)

Translate »