Kandungan Pada Sampo yang Perlu Dihindari

201

Membersihkan rambut adalah kegiatan yang harus selalu rutin dilakukan, bisa dua hari sekali atau bahkan setiap hari tergantung kondisi dan jenis rambut.

Mencuci rambut secara rutin efektif untuk menghilangkan minyak berlebih pada kulit kepala yang membuat rambut terlihat lepek. Anda tentu merasa tidak nyaman kan saat rambut sedang lepek? Apalagi bagi Anda yang berhijab.

Saat memilih produk sampo, biasanya Anda selalu mencari yang wanginya harum dan busanya banyak. Karena Anda merasa bahwa rambut belum terasa bersih bila menggunakan sampo yang minim busa.

image: pexels

Padahal kandungan busa yang terlalu banyak pada sampo itu tidak baik lho, demikian pula yang harumnya menyengat. Tak hanya itu itu, ada pula kandungan-kandungan lain yang berbahaya dan sebaiknya dihindari saat memilih produk sampo seerti yang dilansirecowatch.com

1. Sulfat

Kandungan yang satu ini memang ramai digunakan pada produk-produk kecantikan. Namun ternyata sebaiknya Anda harus menghindarinya ya, Scarf Lover. Karena sulfat merupan sebuah deterjen kimiawi, yang mana akan menghasilkan busa yang melimpah saat dipakai. Busa itu lah yang sangat ampuh membersihkan kotoran dan minyak. Namun karena terlalu berlebihan justru lama kelamaan akan berbahaya bagi rambut karena dapat menghilangkan kelembapan alaminya dan membuat rambut hilang kilaunya.

2. Paraben

Kalau kandungan yang satu ini pasti Anda sudah sering mendengarnya bukan? Bila sedang mencari produk sampo atau yang lainnya dan melihat ada kandungan satu ini, lebih baik dihindari ya, Scarf Lover. Paraben adalah xenoestrogens, yang artinya memiliki komposisi yang mirip dengan hormon yang ditemukan dalam tubuh manusia. Xenoestrogens dianggap mengganggu hormon dan bahkan dapat menimbulkan risiko kanker. Hal ini memang terkadang masih jadi perdebatan, tapi akan lebih baik bila kita mencegahnya bukan?

3. Wewangian

Dalam sebuah produk sampo, pasti akan ada banyak varian wangi yang berbeda, namun bila tercium bau menyengat mungkin sebaiknya dihindari karena kandungan fragrance atau wewangian didalamnya bisa dikategorikan tinggi. Namun bila pada ingredients wewangian berasal dari essential oil, masih bisa digunakan tergantung tingkat sensitif penggunanya. Karena sebenarnya kandungan fragrance dalam sampo tidak terlalu berguna karena biasanya lama kelamaan aromanya akan hilang.

4. Triclosan

Triclosan dikenal sebagai antibakteri yang sering ditambahkan pada produk perawatan, terutama sampo. Triclosan dianggap sebagai pengganggu endokrin, yang berarti dapat berbahaya dengan cara yang sama seperti xenoestrogen. Ini juga dikaitkan dengan masalah sistem kekebalan tubuh serta gangguan hormon.

5. Polietilen Glikol

Polietilen Glikol atau PEG juga selalu bisa Anda temukan bila melihat kandungan ingredients produk sampo. Menurut Natural Society, negara bagian California telah mengklasifikasikan bahan kimia tersebut sebagai “racun perkembangan”, yang berarti dapat mengganggu perkembangan manusia.

(AA)