16 Ide Self Care untuk Jaga Kesehatan Pikiran dan Tubuh

Melakukan aktivitas sehari-hari agar menjadi lebih produktif tentu menyenangkan. Namun bila dilakukan terlalu berlebih akan membuat tubuh menjadi cepat lelah dan pikiran menjadi lebih stres.

Jika hal ini terjadi pada Anda, artinya Anda membutuhkan sedikit perawatan diri atau self care. Jangan pernah mengabaikan konsep self care ya, Scarf Lover. Hal ini sangat penting terutama untuk kesehatan pikiran dan juga tubuh.

Apabila tubuh dan pikiran terus dipaksa dan diforsir 24/7 tentu tidak akan berakhir baik. Anda tidak perlu memaksa diri. Sadari kebutuhan serta limit Anda. Tidak masalah mengurus hal-hal lain tpai jangan sampai lupa untuk mengurus diri sendiri dan mencintai diri sendiri.

image: pexels

Usahakan untuk selalu menyiapkan waktu kosong untuk Anda bersantai, melemaskan otot-otot yang selama ini tegang karena dikejar-kejar pekerjaan sehingga membuat cemas, stres dan khawatir. Dengan merawat diri tentu akan berpengaruh pula terhadap kesehatan mental Anda.

Melansir lifehack.org, berikut ada beberapa ide atau tips self care yang bisa dilakukan secara mudah.

image: freepik

Ide Self Care untuk Pikiran:

1. Cari Suasana Baru untuk Bekerja

Saat lelah bekerja, Anda bisa rehat sejenak dengan melakukan hal-hal kecil yang bisa membantu menenangkan pikiran Anda sejenak. Berikan ruang sejenak untuk otak Anda istirahat.

2. Berjalan Santai Mengelilingi Kota

Bila Anda suntuk saat di dalam ruangan, Anda bisa berjalan santai mengelilingi kota. Cara ini akan efektif karena membuat pikiran Anda jauh lebih fresh.

3. Nonaktifkan Ponsel Sekitar Satu Jam

Baca juga  Buat Otot Perut Anda Terbentuk Dengan Latihan Ini

Berilah ruang sejenak untuk tubuh dan pikiran Anda rehat dari penatnya pekerjaan. Tidak salah lho jika Anda ingin menonaktifkan ponsel sejenak. Hal ini bermanfaat agar otak tidak terlalu diforsir.

4. Keluar dari Zona Nyaman

Ekspresikan diri Anda dengan melakukan hal-hal yang sebelumnya belum pernah dilakukan. Misalnya jalan-jalan ke tempat yang belum pernah didatangi atau berbicara dengan orang asing mungkin? Bisa menambah pengetahuan baru bukan?

5. Buat Jurnal

Tuliskan apa saja yang terjadi pada Anda setiap harinya, dari mulai kejadian yang baik ataupun buruk. Biarkan semuanya mengalir sehingga Anda bisa merefleksikan apa yang telah terjadi di hari itu agar tidak menumpuk di pikiran.

6. Melakukan me time

Luangkan waktu untuk Anda sendiri, misalnya menonton film favorit, order makanan kesukaan, perawatan di salon ataupun jalan-jalan ke tempat baru. Pasti menyenangkan.

7. Mendekorasi Ulang Suasana Rumah

Tata ulang suasana rumah agar lebih fresh, Anda mengecat ulang kamar dengan warna-warna yang lebih crah agar nuansa pikiran Anda juga ikut fresh.

8. Merapihkan Barang

Buang barang-barang yang tidak terpakai. Menumpuk barang dikamar membuat suasananya menjadi lebih pengap dan berantakan sehingga terkadang membuat pikiran menjadi lebih kalut.

Ide Self Care untuk Tubuh:

1. Tarik Napas Dalam-dalam

Baca juga  Pendidikan Karakter yang Harus Dikenalkan Pada Anak

Tarik nafas sedalam-dalamnya lalu hembuskan dengan kencang. Lakukan beberapa kali agar tubuh Anda terasa lebih enteng.

2. Jalan-jalan di Bawah Sinar Matahari

Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Anda bisa memanfaatkannya untuk sekedar berjalan dibawah sinarnya. Tentu akan membuat Ada terasa lebih baik..

3. Tidur Siang

Tak perlu lama, Anda hanya perlu sekitar 10 hingga 20 menit untuk tidur siang. Tidur siang sangat efektif untuk refresh ulang tubuh Anda agar lebih semangat untuk menjalani hari.

4. Tertawa

Jangan terlalu serius, luangkan waktu untuk menonton acara-acara komedi yang lucu sehingga membuat Anda terbahak-bahak. Tertawa dapat membuat tubuh menjadi lebih bahagia lho, Scarf Lover.

5. Melihat Pemandangan

Melihat pintu, jendela, meja, kursi dan laptop setiap hari tentu membuat Anda penat. Berilah jeda waktu di hari libur untuk mata Anda melihat pemandangan yang indah seperti pantai atau pegunungan.

6. Merubah Diet

Tingkatkan konsumsi makanan sehta dan air minum. Selain itu jangan lupa untuk selalu melakukan detoksifikasi tubuh.

7. Memijat Tubuh

Otot tubuh yang tegang terkadang membuat segalanya menjadi runyam. Pijat perjalan tubuh Anda agar lebih rileks dalam menjalani keesokan hari

8. Diam Selama Beberapa Menit.

Biarkan tubuh Anda beristirahat. Anda bisa terdiam selama beberapa saat tanpa melakukan apapun. Tarik nafas dalam-dalam dan buat tubuh Anda menjadi lebih santai.

(AA)

Translate »