Pendidikan Karakter yang Harus Dikenalkan Pada Anak

Bagi para orang tua, tentunya harus mendidik anak sejak dini dengan membekali berbagai macam pendidikan karakter untuk mengembangkan sang anak agar bisa lebih baik ke depannya.

Karena tentu akan lebih mudah untuk mengajarkan serta memberi contoh pada anak ketika ia masih beruasia belia.

image: unsplash

Pendidikan karakter sendiri tentunya sangat penting untuk dibekali sejak dini. Karena dengan adanya pendidikan karakter ini lah yang membuat anak Anda dengan mudah bersosialisasi dengan teman sebayanya atau pun orang lain.

Selain itu, pendidikan karakter juga mengajarkan anak mengenai sebuah kepribadian maupun sikap sehingga nantinya ia memiliki akhlak yang baik.

image: unsplash

Tapi apa saja ya pendidikan karakter yang harus diberikan? Berikut beberapa diantaranya. Yuk simak bersama!

1. Jujur

Si kecil harus diajari untuk berperilaku jujur sejak dini. Dari muali cara ia menjelaskan sesuatu ataupun berbuat sesuatu, meskipun ia melakukan kesalahan. Ia mau berkata jujur tentang apa yang ia lakukan. Sejak kecil anak harus dibiaskan untuk jangan suka berbohong. Karena bila tidak, tentu akan berdampak buruk ke depannya.

2. Sopan

Sopan kepada teman sebaya atau pun orang yang lebih tua, sang anak harus bisa bersikap sopan terhadap orang lain. Saat ingin meminjam barang, saat bertemu dengan seseorang yang dikenal saat dijalan ataupun saat si anak sudah bisa berargumen dengan orang lain.

Baca juga  Manfaat Kesehatan Serai untuk Anak dan Balita

3. Menghargai Orang Lain

Tindakan yang satu ini juga jangan sampai ketinggalan ya, Scarf Lover. Ajari anak untuk bisa menghargai orang lain. Anda bisa mencontohkannya lewat berbagai cara, misalnya saat mendengarkan pendapat orang lain, ajarkan anak untuk tidak memotong pembicaraan. Bila ada sebuah pendapat yang berbeda dengannya, ajarkan pula anak untuk bisa berlapang dada menerimanya. Tentunya hal ini sangat berguna hingga ia besar, karena tidak menjadikannya egois terhadap orang lain.

4. Tanggung Jawab

Saat diberikan sebuah tugas, ajarkan anak untuk bisa bertanggung jawab untuk bisa menyelesaikannya. Pendidikan karakter yang satu ini sangat penting untuk ditanamkan sejak dini agar kelak sang anak tidak suka melimpahkan tanggung jawabnya pada orang lain. Selain itu, karakter tanggung jawab juga bermanfaat untuk sang anak agar ia berani untuk menyelesaikan apa yang ia mulai nantinya.

5. Empati

Empati dalam artian bisa megerti apa yang orang lain rasakan, bisa itu sedih, marah, kesal atau pun bahagia. Rasa empati pun mengajarkan agar anak bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Sikap empati tentu sangat bermanfaat untuk si kecil agar ia bisa lebih mudah bersosialisasi dengan orang lain.

Baca juga  AWAS! Kebiasaan Anda di Pesawat Dapat Membahayakan Keselamatan!

6. Disiplin

Si kecil juga harus diajarkan sejak dini bagaimana cara ia mengharagai waktu. Anda bisa mengajarkannya dengan cara yang mudah dan cukup menyenangkan. Bisa pada saat Anda menyuruhnya untuk membereskan mainan, beri dia waktu untuk membereskan. Bila ia tidak selesai pada waktu yang ditentukan, Anda bisa beri pemahaman, agar ia bisa lebih disiplin untuk bisa mengerjakan sesuatu sesuati dengan waktu yang diberikan. Lama kelamaan, si anak tentunya akan lebih disiplin dan bisa menghargai waktu.

7. Mandiri

Terakhir mandiri. Ini merupakan sebuah pendidikan karakter yang benar-benar harus diterapkan sejak kecil. Ajarkan anak untuk bisa mengerjakan sesuatu dengan sendirinya. Misalnya, bila sudah waktunya, biarkan ia untuk makan sendiri, mandi sendiri dan juga merapihkan mainannya sendiri. Karena bila terus menerus dilakukan oleh orang rumah, sang anak tidak mengerti kewajiban yang harus ia lakukan.

(AA)

Translate »