Manjakan Mata dengan Pemandangan Alam Eksotis di Umbul Sidomukti

62

Bagi Anda yang ingin menyejukkan pikiran sejenak dari hiruk pikuk perkotaan, Kabupaten Semarang bisa menjadi pilihan.

Kabupaten Semarang adalah kawasan puncak bagi warga semarang seperti halnya Bandung dan Puncak bagi warga Jakarta. Di kawasan ini terdapat Gunung Ungaran yang mempunyai pesona esoktis. Apalagi, lerengnya yang tersebar beberapa kawasan wisata epik dan wajib untuk dikunjungi seperti halnya Candi Gedong Songo.

Umbul Sidomukti terletak di lereng Gunung Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Kawasannya berasa di atas ketinggian 1200 mdpl, berkonsep wisata alam. Dengan wahana serta fasilitas wisatanya yang cukup lengkap. Objek wisata ini merupakan objek wisata favorit warga Semarang.

image: instagram.com/umbul.sidomukti/

Salah satu wisata unggulan yang wajib untuk didatangi saat ke Umbul Sidomukti adalah kolam renang alamnya. Bentuknya yang unik, ditambah dengan pemandangannya yang sangat indah dengan berada diatas ketinggian akan menjadi pengalaman berenang yang tidak akan pernah terlupakan.

Kolam renang ini dibangun dengan bentuk melingkar dengan tingkat kedalaman yang berbeda dan disesuaikan untuk ukuran orang dewasa dan juga anak-anak.

Untuk mendapatkan kesan berenang spesial yang tidak akan terlupakan, Anda bisa melakukan aktifitas renang pada pagi hari saat suasana sedang sejuk-sejuknya atau sore hari sambil menikmati kabut yang sedang menyelimuti kawasan tersebut. Anda akan merasakan keunikan tersendiri karena saat itu seolah-olah Anda sedang berenang diatas awan.

image: umbulsidomukti.com

Selain kolam renangnya yang wajib dikunjungi, terdapat pula goa buatan dan menjadi wahana baru kawasan Umbul Sidomukti bernama Goa Tirta. Di sini, Anda akan diajak menyusuri goa sejauh 135 meter. Nah, nanti ketika sampai di ujung, kalian akan dibuat terkejut dan terpukau dengan pemandangan yang ada di depan mata. Rasanya tidak bisa berkata apa pun. Karena lokasinya yang memang terkesan Indah, Goa ini kerap dijadikan tempat preewedding bagi para calon pengantin.

Ingin menikmati perkebunan di sekitar Umbul Sidomukti? Wisatawan bisa memanfaatkan wahana Little Ranch. Kuda-kuda yang sangat ramah dan sudah terlatih untuk bersahabat ini akan mengantar Anda berkeliling. Indahnya perkebunan di sekitar Umbul Sidomukti memang tidak boleh untuk dilewatkan. Apalagi, kalian juga bisa melihat para petani berkebun. Tetapi, wahana Little Ranch ini hanya ada di weekend saja. Kalau di weekday kudanya sedang istirahat dan harus mendapatkan perawatan ekstra. Sebelum menghadapi hari minggu yang pastinya akan selalu padat.

Bagi Anda yang ingin gemar memanah atau ingin coba memanah disana pun menyediakan tempat untuk memanah. Apabila tidak bisa memanah kalian bisa meminta untuk belajar dengan beberapa pemanah profesional yang ada disana.

Alamat lokasi kawasan ini berada di Desa Sidomukti Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661. Bagi Anda yang berasal dari semarang bisa menuju ke wilayah Ungaran tepatnya di pom bensin Lemah Abang dan berputar arah.

Untuk harga tiket masuk kawasan ini hanya 5 ribu rupiah saja. masih ditambah dengan membayar uang parkir sebesar 10 ribu untuk mobil dan 5 ribu rupiah untuk motor. Nah, apabila kalian ingin menikmati wahana-wahana yang disediakan di sini.

Panahan : Rp 30.000 / 15 anak panah

Little Ranch : Rp 75.000

Berenang : Rp 10.000

Goa Tirta : Rp 5.000

(DA)