Kiat-kiat Menjaga Kuku Tetap Sehat dan Kuat

Selain wajah, beberapa orang seringkali terlihat memiliki kuku yang sangat cantik. Karena bisa dikatakan, penampilan kuku yang rapih dan bersih sangat membantu untuk menunjang penampilan. Tidak jarang juga orang-orang meluangkan waktu lebih demi memberi perawatan yang lebih pada kuku. Jika kuku bersih, tidak hanya sekedar terlihat indah tapi tentu juga tidak akan ada bakteri dan kotoran yang muncul.

Dilansir melalui laman housegoodkeeping, inilah kiat-kiat yang bisa dilakukan untuk merawat kuku Anda tetap sehat dan kuat.

  1. Jaga Tangan Tetap Bersih

Selalu pastikan bahwa tangan dan kuku Anda selalu bersih setiap akan melakukan kegiatan. Alva Shamban penulis Heal Your Skin merekomendasikan untuk menggunakan sikat gigi yang lembut untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kuku.

 

  1. Potong Kuku Secara Teratur
Baca juga  Review Cushion Pilihan SCARF MEDIA

Seperti rambut, kuku juga harus dipotong secara teratur setiap dua minggu atau saat kuku Anda mulai terlihat panjang. Kuku yang rajin dipotong tentunya akan terlihat bersih dan rapih.

image: freepik.com
  1. Prioritaskan Kesehatan Kuku Daripada Ukurannya

Meski indah, kuku yang panjang bisa sangat rentan patah dan cenderung bisa menyimpan banyak bakteri. Lebih baik untuk memotongnya agar lebih pendek. Selain lebih bisa diatur, Anda tidak perlu lagi khawatir kuku akan patah saat sedang mengerjakan suatu hal.

 

  1. Jangan Hilangkan Kutikula

Anda mungkin sering melihat orang lain menghilangkan kutikula dengan cara memotongnya. Sebaiknya jangan Anda lakukan. Karena kulikula berguna untuk melindungi kuku dari bakteri dan kemungkinan infeksi. Lebih baik Anda merawatnya dengan cara memakai produk khusus untuk merawat kutikula

 

  1. Gunakan Pelembab Tangan dan Kuku Secara Teratur
Baca juga  Punya Kulit yang Tidak Merata? Ikuti Tips Berikut ini!

Sama seperti wajah, tangan dan kuku juga memerlukan pelembab. Penggunaan pelembab untuk tangan serta kuku dapat membantu menambahkan hidrasi. Selain itu Anda juga dapat menggunakan pelembab bibir saat keadaan darurat.

 

  1. Gunakan Sarung Tangan Saat Mencuci

Bahan dari sabun cuci yang Anda gunakan mengandung bahan kimia yang cukup keras. Jadi selalu gunakan sarung tangan agar tangan tidak menjadi kering. Saat cuaca dingin, ingat juga untuk menggunakan sarung tangan agar tangan selalu lembab dan tidak bersisik.

 

  1. Tingkatkan Asupan Makanan Berprotein

Pola makan yang baik tentunya akan berdampak baik pada tubuh, terutama kulit dan kuku. Tingkatkan asupan makanan yang mengandung protein seperti kacang-kacangan, ikan dan telur karena akan membuat kuku lebih kuat. (AA)

 

Translate »