5 Tempat Di Indonesia Yang Masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO

Situs warisan dunia adalah tempat yang mencerminkan suatu budaya dan alam, serta benda yang penting keberadaanya dan menjadi warisan penting bagi umat manusia. Situs warisan budaya yang dimotori (UNESCO) ini memiliki tiga kategori utama , yaitu kategori situs budaya, alam, dan campuran antar keduanya. Tempat – tempat yang masuk dalam kategori tersebut bisa taman nasional, hutan, peninggalan bersejarah, pulau, gurun pasir, hingga pedesaan.

Terdapat lebih dari seribu tempat yang dijadikan situs warisan dunia oleh UNESCO dan diantaranya adalah Indonesia. Terdapat 12 tempat yang dijadik situs warisan dunia antara lain, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Taman Nasional Komodo, dan Taman Nasional Ujung Kulon. Scarfmedia berikan 5 tempat situs warisan dunia yang masih jarang diketahui orang banyak.

1.Situs Manusia Purba Sangiran

sumber: youtube.com

Situs manusia purba yang berbentuk seperti museum ini merupakan tempat dimana Scarflover dapat mempelajari fosil manusia purba. Situs Sangiran ini dibuat karena disinilah fosil manusia purba pernah ditemukan. Situs Sangiran mempunyai dua lokasi kabupaten yang berbeda yaitu, kabupaten Sragen dan Karanganyar. Situs ini tidak hanya menyimpan fosil manusia purba tapi juga alat batu yang digunakan pada saat jaman tersebut. Jika Scarflover menyukai arkeologi dapat mengunjungi tempat ini untuk menambah wawasan.

2. Taman Nasional Lorentz

sumber: traveltodayindonesia.com

Situs warisan dunia UNESCO yang satu ini terdapat di Papua. Taman Nasional Lorentz merupakan pintu masuk untuk menuju gunung Cartenz. Di puncak gunung ini terdapat gletser atau salju yang merupakan satu – satunya di Indonesia. Selain menikmati pemandangan gunung bersalju, Scarflover juga dapat menikmati keindahan alam mulai dari danau hingga hutan yang tidak kalah indahnya.

3. Taman Nasional Sembilang

sumber: ekonomisumsel.com

Di Provinsi Sumatera Selatan terdapat taman nasional yang mempunyai hutan rawa gambut, hutan rawa air tawar, dan hutan tepian sungai. Selain itu di taman nasional ini Scarflover dapat melihat berbagai spesies burung yang sangata cantik dan unik. Jika Scarflover mengunjungi taman nasional ini pada bulan Oktober, Scarflover dapat melihat burung – burung bermigrasi dari daerah Siberia. Kawasan hutan situs ini merupakan habitat dari Harimau Sumatera yang sudah semakin sedikit. Scarflover dapat menjungi situs ini pada bulan juni hingga Agustus.

4. Taman Nasional Gunung Leuser

sumber: panduanwisata.id

Taman Nasional Gunung Leuser berlokasi di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Tempat yang menjadi daya tarik wisata adalah Bukit Lawang yang merupakan habitat dari Orangutan dan Gajah Sumatera.

5. Taman Nasional Kerinci Seblat

sumber: indonesiaah.com

Taman nasional terbesar di Sumatera Utara ini merupakan tempat dimana semua ekosistem langka terdapat di Indonesia. Di sini Scarflover bisa menemukan danau tertinggi di Asia Tenggara yaitu danau Gunung Tujuh. Selain itu, banyak juga mata air, sungai – sungai yang mempunyai aliran yang deras, gua, dan air terjun yang dapat Scarflover nikmati. Di taman nasional ini pun Scarflover dapat melihat bunga Rafflesia Arnoldi (bunga bangkai) yang langka.

(Penulis: DP)