Hijaber, Begini Cara Mudah Merawat Hijab Anda Agar Tak Mudah Rusak

Mengoleksi hijab dengan aneka motif dan warna memang jadi hobi para hijaber saat ini. Kebutuhan hijab untuk dikenakan setiap harinya, menjadi alasan mengapa para hijaber memiliki koleksi hijab yang tak terhitung jumlahnya. Namun, sayangnya hingga saat ini masih banyak hijaber yang belum paham betul bagaimana merawat hijab dengan benar, sehingga hijab yang dimiliki pun menjadi lebih cepat kusam bahkan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, Scarf media coba merangkum bagaimana cara mudah merawat hijab agar tak mudah rusak, kira-kira apa saja? berikut tangkumannya!

Pisahkan Hijab Berdasarkan Warna dan Bahan Terlebih Dahulu

Banyaknya variasi bahan hijab saat ini ternyata berpengaruh pada bagaimana teknik mencuci secara tepat. Berbagai bahan hijab yang populer seperti paris, chiffon, rayon, viscose, atau payet tentunya tak bisa kita gabungkan begitu saja saat mencucinya, ada baiknya Anda pisahkan sesuai dengan bahannya masing-masing agar menghindari kerusakan pada hijab Anda.

Selain itu, Anda juga harus memisahkan hijab dengan warna tua dan muda di tempat yang berbeda demi menghindari warna yang tercampur atau luntur sehingga mengakibatkan warna hijab Anda menjadi berantakan.

Rendam Hijab Dengan Tepat

Memiliki kriteria bahan yang berbeda-beda, rupanya semua hijab tidak bisa direndam jadi satu lho, scarf lover. Jika bahan hijab Anda dirasa agak tebal, Anda bisa rendam dengan air hangat. Sementara jika bahan lain lebih tipis, ada baiknya Anda merendamnya pada air dingin atau air dengan suhu biasa agar hijab tidak mudah mengkerut. Selain itu, pastikan Anda untuk tidak merendamnya terlalu lama ya, karena hal tersebut akan membuat hijab menjadi cepat rusak.

Baca juga  Bermasalah Dengan Kulit Wajah Belang Karena Berhijab? Atasi dengan Brand ini

Lebih Baik Cuci Dengan Tangan

Sebisa mungkin, usahakan Anda selalu mencuci hijab secara manual dengan menggunakan tangan. Karena bahan hijab yang bersifat lembut sehingga biasanya mudah rusak apabila dicuci menggunakan mesin terutama untuk bahan chiffon dan paris.

dok by sharp com

Apabila Anda tengah diharuskan menggunakan mesin cuci, sebaiknya masukan hijab Anda terlebih dahulu ke dalam kantung agar tidak langsung bersentuhan dengan mesin.

Kurangi Pemakaian Detergen dan Pemutih

Apabila Anda mencuci hijab, pastikan untuk menggunakan sedikit deterjen saja. Pemakaian deterjen yang berlebihan hanya akan membuat hijab menjadi rusak, apalagi ada beberapa bahan hijab yang mudah kering bila dicuci dengan detergen.

Lalu, jika hijab Anda terkena noda membandel, usahakan untuk tidak menggunakan pemutih untuk menghilangkan noda tersebut. Cobalah untuk menggunakan cuka sebagai alternatif dari pemutih pakaian. Cuka dinilai mampu mengurangi intensitas noda yang membandel.

Perhatikan Saat Menjemur

Saat menjempur hijab pun, ada beberapa hal yang harus Scarf lover perhatikan, salah satunya ialah usahakan untuk tidak menjemur hijab di bawah sinar matahari langsung. Anda bisa menjemur hijab Anda pada tempat yang rindang atau cukup angin-anginkan saja.

Baca juga  Kejutan Kolaborasi dari Puma dan Maybelline
dok by freepik com

Dan yang paling penting, jangan pernah menjemur hijab dalam posisi terlipat atau tergulung karena bisa meninggalkan bekas sabun atau lipatan. Ada baiknya Anda menjemur hijab dengan posisi terbentang secara mendatar demi menjaga ketahanan bentuk hijab.

Hindari Suhu Terlalu Panas Saat Menyetrika

Usai memastikan semua hijab telah tercuci dengan baik, tahap yang selanjutnya harus Anda perhatikan ialah saat menyetrika hijab. Selalu pastikan hijab Anda disetrika dengan suhu yang pas agar mematikan bakteri pada hijab setelah dicuci dan jangan sampai Anda menyetrika hijab dengan suhu yang terlalu panas karena ditakutkan akan meninggalkan bekas pada hijab bahkan membuat hijab Anda bolong.

dok by freepik com

Gunakan Hanger atau Gantungan Untuk Menyimpan Hijab

Last but not least, tahap terakhir menyimpan hijab ini masih sering dianggap remeh bagi para perempuan.   Padahal, menyimpan hijab dengan melipatnya secara asal hanya akan membuat hijab Anda mudah kusut dan berantakan lho. Anda bisa mulai untuk menggunakan hanger, gantungan handuk, harm pant hanger, hingga rak sepatu gantung untuk menyimpan hijab Anda agar tak mudah kusut dan selalu tersusun rapi. (FIA)

 

 

 

Translate »