Perhatikan 3 Hal Ini Saat Memilih Tabir Surya

Sinar matahari memang memiliki peran penting bagi kehidupan. Tubuh memerlukan sinar matahari untuk memproduksi vitamin D yang penting bagi kesehatan tulang. Namun, tidak untuk kulit Anda, sebab kulit yang terlalu sering terkena sinar matahari dapat mengalami premature aging dan perkembangan kanker kulit.

Terlebih jika Anda sering melakukan kegiatan outdoor, rasanya mustahil untuk menghindari sinar matahari saat melakukan aktivitas setiap harinya. Untuk itu,  penting bagi Anda mengoleskan sunscreen atau tabir surya setiap hari sebelum keluar rumah. Tabir surya sendiri memiliki fungsi menghalangi penyerapan radiasi ke dalam permukaan kulit.

Ternyata ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih tabir surya lho, tentunya agar tabir surya yang Anda gunakan lebih tepat dan efisien dalam melindungi kulit.

Berikut kami rangkum hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih tabir surya, jangan sampai Anda salah memilih tabir surya yang mengakibatkan kulit Anda tidak akan terlindungi dengan maksimal!

  1. Kenali Tipe Jenis Kulit

Seperti yang telah diketahui, tipe, jenis, dan warna kulit setiap orang berbeda. Oleh karena itu, cara merawat wajah pun harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda.

Untuk Anda yang memiliki tipe kulit sensitif, baiknya Anda pilih produk tabir surya dengan kandungan zinc oxide dan titanium dionxide, sebab dua kandungan ini cukup ringan dan lembut sehingga aman dipakai untuk kulit yang sensitif.

dok by freepik com

Untuk Anda yang yang memiliki tipe kulit berminyak, hindari tabir surya bertekstur cream atau lotion karena hanya akan semakin memicu minyak di wajah. Pilih tabir surya berbahan dasar air atau gel agar pori-pori kulit Anda tidak tersumbat dan memang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak.

Sebaliknya, jika Anda memiliki tipe kulit kering, pilih tabir surya bertekstur lotion yang mengandung ekstrak lidah buaya atau minyak jojoba, karena kedua kandungan tersebut efektif melembapkan kulit.

  1. Sesuaikan Dengan Aktivitas

Aktivitas yang Anda lakukan setiap hari juga memengaruhi pilihan tabir surya yang tepat untuk kulit lho. Bila Anda tergolong sering beraktivitas di luar ruangan dengan durasi yang cukup lama, pilihlah produk yang mengandung SPF tinggi. Namun perlu diingat, walaupun Anda jarang beraktivitas outdoor bukan artinya Anda tidak perlu memakai tabir surya, Anda bisa pilih tabir surya dengan kandungan SPF yang lebih rendah.

dok by freepik com

Sedikit tambahan informasi untuk scarf lover, SPF ialah satuan yang menyatakan lama waktu sebuah produk tabir surya bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Misalnya, pada kemasan produk tertera tulisan SPF 30, artinya kulit Anda akan terlindungi dari sinar UV 30 kali lebih lama dibanding saat kulit tidak diberi sunscreen.

Makin tinggi kadar SPF, makin lama pula perlindungan yang mampu diberikan sunscreen pada kulit.

  1. Memilih SPF Sesuai Skintone

Mengutip dari, The Centers for Disease Control  USA, mereka telah membuat enam skala untuk setiap warna kulit berdasarkan kemungkinannya untuk mengalami sunburn. Dari skala tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa selain harus mengenali tipe jenis kulit, dalam memilih SPF yang paling tepat, Anda juga harus menyesuaikannya dengan skintone kulit Anda. Karena semakin cerah warna kulit, semakin sensitif pula untuk terkena paparan sinar matahari, sehingga kulit Anda perlu perlindungan yang lebih besar.  (FIA)

 

 

Translate »