Hyperhidrosis, Kondisi Tubuh yang Selalu Banjir Keringat

Berkeringat merupakan suatu hal yang normal dialami oleh setiap orang. Keringat merupakan salah satu bentu ekskresi tubuh. Hal ini menunjukan bahwa tubuh sedang mengalami proses pendinginan, membuang racun dalam tubuh, atau sebagai gejala stres.

Tapi, bagaimana jika tubuh Anda mengeluarkan keringat secara berlebihan? Bahkan ketika Anda sedang merasa tenang dan cuaca tak lagi panas? Mungkin Anda mengalami kondisi medis bernama hyperhidrosis. Kondisi ini ditandai dengan munculnya keringat secara berlebih pada bagian ketiak, telapak tangan, bahkan kaki. Biasanya orang dengan kondisi hanya berkeringat pada bagian tubuh tertentu saja, sementara bagian tubuh lainnya tetap kering.

Hyperhidrosis disebabkan oleh tidak seimbangnya fungsi syaraf dalam tubuh, sehingga memicu proses produksi keringat yang berlebihan.  Biasanya orang dengan kondisi hanya berkeringat pada bagian tubuh tertentu saja, sementara bagian tubuh lainnya tetap kering. Hyperhidrosis juga bisa disebabkan oleh keturunan genetik dan konsumsi makanan yang juga memicu keringat yang berlebihan.

Baca juga  Maksimalkan Penggunaan Skincare dengan Jade Roller

Hyperhidrosis tidaklah berbahaya, hanya saja mengganggu dan bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Kondisi ini juga bisa berisiko menimbulkan bau tidak sedap karena adanya kontaminasi dari bakteri.

Tentu saja hyperhdrosis bisa diatasi dengan melakukan konsultasi dengan dokter tapi selain itu juga ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi kondisi hyperhidrosis.

  • Konsumsi air putih secara teratur. Hal ini bertujuan untuk terus menjaga kadar air dalam tubuh dan menghindarkan Anda dari dehidrasi.
  • Hindari konsumsi makanan yang dapat memicu keringat, misalnya makanan pedas atau makanan panas.
  • Konsumsi yogurt dan tomat. Ternyata yogurt mengandung kalsium yang bisa membantu mengatasi keringat yang berlebih. Sementara tomat dapat mengurangi produksi keringat dan mencegah timbulnya bau badan.
Baca juga  Fashion Item yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan
Unsplash
  • Selalu gunakan pakaian yang longgar dan nyaman. Pakaian yang terlalu ketat akan membuat tubuh tidak nyaman sehingga memicu keringat yang berlebih.
  • Gunakan anti perspirant, bukan deodoran. Kenapa? Karena anti prespirant berfungsi untuk mengurangi produksi keringat, sementara deodoran hanyalah untuk mencegah bau tidak sedap.
  • Gunakan sepatu dari bahan alami. Misalnya sepatu dengan bahan kulit, sehingga kaki tetapi bisa ‘bernafas’. Untuk pakaian dan kaus kaki, Anda bisa menggunakan bahan katun, wol atau sutera.
Pexels
  • Mandi secara rutin untuk memastikan tubuh tetap bersih dan terhindari dari bau badan.

Jika cara-cara di atas sudah tidak mempan dan Anda masih terus berkeringat, lebih baik segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan solusi medis yang paling tepat. (DC)

Translate »