6 Hotel di Indonesia Ini Ternyata Ramah Lingkungan!

Saat ini, akomodasi penginapan di Indonesia sangatlah banyak dan beragam. Mulai dari kelas yang standar hingga kelas menengah ke atas bisa dengan mudah Anda pilih sesuai kebutuhan. Namun, rupanya selain menawarkan berbagai fasilitas yang siap memanjakan Anda, kini ada juga beberapa akomodasi penginapan yang agak berbeda yakni konsep eco-friendly yang mereka tawarkan untuk para tamu. 
 
Dengan konsep tersebut, selain bermalam, para tamu pun juga akan diajak untuk bisa ikut memahami pentingnya pelestarian lingkungan. Misalnya dengan tidak menyediakan laundry bag dari plastik, menerapkan prinsip daur ulang, hingga menghadirkan konsep hijau yang membuat suasana hotel menjadi sejuk dan asri. Tentunya bisa membuat Anda lebih betah menginap berhari-hari.
Penasaran apa saja? Berikut enam hotel di Indonesia yang ramah lingkungan!
 
1. Greenhost Boutique Prawirotaman
 
Greenhost Boutique hotel yang berlokasi di Yogyakarta ini memang sudah sangat populer. Bahkan hotel dengan konsep agricrafture yang menggabungkan antara pertanian dengan keterampilan dalam satu bangunan ini, sempat menjadi lokasi pengambilan gambar film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2.
Courtesy of Instagram @jelitodeleon
Courtesy of Instagram @greenhosthostel

 

Ketika memasuki hotel dan menyusuri koridornya, tamu akan dibuat kagum dengan selubung ruang dari tanaman hijau yang ditanam pada pipa. Tak hanya sampai disitu, beberapa mebel dari kayu bekas pun tampak apik menghiasi setiap kamar tidur. desain yang terlihat sederhana namun terkesan  unik juga memberikan warna yang berbeda pada hotel yang satu ini.
Salah satu penerapan konsep ramah lingkungan di hotel ini adalah dengan dilarangnya penggunaan alat pengering rambut atau hair dryer, karena penggunaan dinilai terlalu besar menggunakan daya listrik sehingga terkesan membuang-buang energi mengingat hotel ini memiliki prinsip ramah lingkungan.
2.  Hyatt Regency Yogyakarta
Masih di kota yang khas dengan kuliner gudegnya yaitu di Yogyakarta, Hyatt Regency Yogyakarta merupakan salah satu hotel bintang lima di Yogyakarta, Hotel ini tidak hanya menawarkan kemewahan kelas atas, tapi juga panorama alam yang mengagumkan. bahkan hotel ini memiliki lahan golf sendiri.
Courtesy of Instagram @tresnanyyy
Courtesy of Instagram @explorejakarta

 

Area sekitar hotel yang dikelilingi oleh pepohonan, sungai buatan serta rerumputan hijau membuat suasana di hotel ini menjadi sangat sejuk. Maka tak heran bila hotel yang satu ini meraih peringkat pertama dalam penghargaan Green Hotel Award 2017 oleh Kementerian Pariwisata. Keberadaan hotel Hyatt Regency Yogyakarta ini membuktikan bahwa pembangunan hotel ternyata tidak mengganggu dan bisa selaras dengan kehidupan alam lingkungan sekitarnya.

 

3. Rumah Turi Eco-Boutique Resort
Solo ternyata menyimpan cukup banyak hotel dengan konsep unik dan istimewa, salah satunya adalah Rumah Turi yang memang bukan sekedar tempat menginap biasa. Begitu Anda masuk ke hotel ini, Anda bisa langsung merasakan suasana yang nyaman layaknya rumah sendiri. Area taman yang tidak terlalu luas, namun asri dan rimbun juga akan memberikan pengalaman seolah sedang berada di kebun rumah sendiri.
Courtesy of Instagram @rumahturisolo
Courtesy of Instagram @rumahturisolo

 

Dekorasi dari Rumah Turi juga sangat klasik dengan menggunakan ornamen dan unsur kayu pada tiap sudut hotelnya, selain itu di sini juga menggunakan kursi kayu bekas yang disusun dengan apik dan mengingat konsep kamar dari Rumah Turi ini diciptakan dengan go green, sehingga di sini tidak membutuhkan penerangan yang terlalu berlebihan.
Terakhir, didesain menggunakan konsep rumah tinggal yang berwawasan ramah lingkungan, Rumah Turi juga sengaja menggunakan sistem pencahayaan dan sumber air yang berasal dari air sumur serta hasil memanen air hujan. Luar biasa!
4. St. Regis Bali Resort
Berbicara soal St. Regis tentunya kata mewah akan ada di pikiran Anda. Tapi mewah bukan artinya akan berlebih-lebihan dan jauh dari kesan alami. Seperti yang bisa dilihat di St. Regis Bali Resort, di sini tidak hanya memberikan kenyamanan dan kemewahan menginap untuk Anda para tamu, tapi juga menawarkan suasana alam yang asri. Deburan ombak dan hembusan angin pantai membuat siapa pun akan betah berlama-lama menginap di hotel yang satu ini.
Courtesy of Instagram @stregisbali
Courtesy of Instagram @stregisbali

 

Berada di dekat pantai, Anda pun juga bisa turut ambil bagian dalam program pelepasan penyu di area pantainya yang pasti akan sangat menarik untuk anak-anak. Selain itu, St. Regis yang juga tidak mau ketinggalan mempromosikan pariwisata yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, mereka pun sengaja memiliki kebun organik yang menjadi suplai bahan baku restorannya.

 

5. Hotel Borobudur, Jakarta
Pernah dinobatkan sebagai hotel ‘terhijau’ se-Asia Tenggara, Hotel yang beralamat di Jl Lapangan Banteng Selatan, Jakarta ini rupanya juga menjadi salah satu hotel yang menerapkan konsep ramah lingkungan di Jakarta.
Courtesy of Instagram @wiwis80
Courtesy of Instagram @hotelborobudur
Hal tersebut terbukti dari hotel ini senantiasa menghindari pemborosan energi melalui proses daur ulang air dengan membuat limbah air untuk digunakan kembali. Baik itu untuk menyiram tanaman atau untuk flushing di toilet. Selain itu, hotel ini juga begitu menghemat energi listrik dengan mengubah lampu bohlam di dalam hotel menjadi lampu LED yang lebih ramah lingkungan.
 
Hotel Borobudur, Jakarta percaya bahwa konsep ramah lingkungan yang mereka terapkan saat ini nantinya berdampak pada kenyamanan tamu saat menginap.
6. The Dharmawangsa, Jakarta
Berada di tengah-tengah pusat kota, mungkin tak ada yang menyangka bahwa hotel The Dharmawangsa ini menyajikan suasana yang begitu sejuk dan asri yang sangat berbeda dengan suasana di ibu kota Jakarta yang penuh dengan segala hiruk pikuknya.
Courtesy of Instagram @thedharmawangsa
Courtesy of Instagram @thedharmawangsa

 

Penginapan bergaya tropis ini memakai sistem tadah hujan yang diolah untuk mengisi kolam, mencuci mobil, menyiram tanaman, dan lain-lain. Jendelanya pun dirancang dengan lebar agar udara dan cahaya matahari dapat masuk dengan leluasa. Tak hanya itu, fasilitas di area kolam renangnya juga dikelilingi rerumputan dan pepohonan yang cocok jadi areal piknik bersama keluarga.

Berkat semua fasilitas dan konsep ramah lingkungannya yang begitu tertata, The Dharmawangsa ternyata masuk dalam nominasi Green Hotel Award 2017 Kementerian Pariwisata dan  ASEAN Green Hotel Standard Award untuk periode 2018 hingga 2020. (FIA)

Baca juga  5 Tempat Instagramable Di Makao
Translate »