Hindari Makanan Ini Untuk Anda Pengidap Radang Sendi

Arthritis adalah kondisi kesehatan umum yang melibatkan peradangan kronis pada persendian Anda. Penyakit ini menyebabkan rasa sakit dan kerusakan pada persendian, tulang, dan bagian tubuh lainnya tergantung pada jenisnya .

Osteoarthritis, yang non-inflamasi, adalah yang paling umum – meskipun ada lebih dari 100 jenis. Faktanya, hingga 40% pria dan 47% wanita dapat didiagnosis menderita osteoartritis selama hidup mereka.

Sementara itu, rheumatoid arthritis (RA) dan psoriatic arthritis adalah kondisi peradangan yang dianggap sebagai penyakit autoimun. Asam urat adalah jenis radang sendi umum lainnya.

image: unsplash

Penelitian menunjukkan bahwa intervensi diet, seperti menghilangkan makanan dan minuman tertentu, dapat mengurangi keparahan gejala pada orang dengan radang sendi dan osteoarthritis, serta meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Baca juga  Ketahui Tanda Buah Hati Anda Mengalami Obesitas

Melansir dari Healthline, berikut adalah  makanan dan minuman yang harus dihindari jika Anda menderita radang sendi.

 

Daging olahan dan daging merah

Beberapa penelitian mengaitkan daging merah dan daging olahan dengan peradangan yang dapat meningkatkan gejala radang sendi.

Misalnya, diet yang mengandung banyak daging olahan dan daging merah menunjukkan penanda inflamasi tingkat tinggi seperti interleukin-6 (IL-6), protein C-reaktif (CRP), dan homosistein (5, 6).

Penelitian pada 217 orang dengan RA yang disebutkan di atas juga menemukan bahwa daging merah umumnya memperburuk gejala RA. Selain itu, sebuah penelitian pada 25.630 orang menentukan bahwa asupan daging merah yang tinggi dapat menjadi faktor risiko radang sendi.

Jika Anda memiliki radang sendi, sebaiknya ganti dengan pola makan nabati untuk memperbaiki gejala radang sendi.

Baca juga  Menjaga Kesehatan Ala Nabi Muhammad SAW

 

Makanan yang mengandung gluten

Gluten adalah sekelompok protein dalam gandum, barley, rye, dan triticale (persilangan antara gandum dan rye). Beberapa penelitian menghubungkannya dengan peningkatan peradangan dan menunjukkan bahwa bebas gluten dapat meringankan gejala radang sendi.

Dalam penelitian terbukti menemukan bahwa diet vegan bebas gluten secara signifikan mengurangi aktivitas penyakit dan meningkatkan peradangan.

 

Makanan tinggi garam

Mengurangi garam mungkin merupakan pilihan yang baik untuk penderita radang sendi. Makanan tinggi garam dapat memperparah radang sendi. Para peneliti telah menyarankan bahwa asupan natrium yang tinggi dapat menjadi faktor risiko penyakit autoimun seperti radang sendi.

(HV)

Translate »