Mengenal Ramsay Hunt Syndrome yang Diidap Justin Bieber

Ramsay Hunt Syndrome adalah kelainan neurologis langka yang biasanya menyerang orang dewasa di atas usia 60 tahun. Gangguan ini ditandai dengan kelumpuhan saraf wajah dan ruam yang mempengaruhi telinga atau mulut.

Ramsay Hunt Syndrome disebabkan oleh virus varicella zoster (VZV), virus yang sama dengan penyebab cacar air pada anak-anak dan herpes zoster (herpes zoster) pada orang dewasa.

Otot-otot wajah yang terkena kelumpuhan saraf mungkin lemah atau terasa kaku dan mengakibatkan ketidakmampuan untuk tersenyum atau mengerutkan dahi, menciptakan tampilan “wajah kendor”.

Image: Freepik

Setelah timbulnya gejala, kelemahan wajah biasanya paling parah dalam waktu satu minggu.

Adapun ketidakmampuan untuk menutup mata dan menyebabkan iritasi. Dalam kasus yang jarang terjadi, bagian depan mata (kornea) yang jernih dapat menjadi rusak dan penglihatan kabur.

Baca juga  5 Keunggulan Air Fryer yang Bikin Masakan Lebih Sehat

Sebagian besar pasien ini memiliki ruam kemerahan (eritematosa), nyeri, lepuh berisi cairan (vesikular) yang mempengaruhi bagian luar telinga (pinna) dan gangguan saluran telinga luar.

Gangguan pendengaran biasanya bersifat sementara dan terjadi pada 50% pasien. Jarang, gangguan pendengaran bisa menjadi permanen.

Menyadur dari rarediseases.org, gejala lainnya termasuk mual, muntah dan sensasi bahwa lingkungan sekitar berputar (vertigo).

Kemungkinan komplikasi bisa menyerang perubahan persepsi rasa, kehilangan penglihatan yang disebabkan oleh kerusakan mata akibat ulkus kornea dan infeksi, reaksi abnormal terhadap gerakan wajah yang disebabkan oleh saraf yang tumbuh kembali ke otot yang salah, nyeri persisten (neuralgia postherpetik) dan kelemahan wajah.

Baca juga  Mitos atau Fakta Minum Air Dingin saat Haid Menimbulkan Kista

Virus dapat menyebar ke saraf lain atau ke otak dan sumsum tulang belakang, menyebabkan kebingungan, kantuk, kelemahan anggota badan, sakit kepala dan nyeri saraf.

Ramsay Hunt Syndrome tidak menular, tetapi reaktivasi virus varicella-zoster dapat menyebabkan cacar air pada orang yang belum atau belum divaksinasi.

Pasien harus menghindari kontak dengan orang-orang ini serta orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah sampai ada keropeng di atas ruam yang melepuh.

Translate »