Kenalan dengan Rifdah Farnidah, Peraih Juara 1 Hafalan Al-Qur’an 30 Juz Tingkat Dunia Kisahnya inspiratif!

Hafidzah dari Indonesia

60

Dosen Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, Rifdah Farnidah berhasil meraih juara I Musabaqah Hifzh Al-Qur’an (MHQ) kategori 30 juz pada 107’s Family Qur’anic Competition di Nigeria.

Dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) IIQ Jakarta itu telah mengalahkan 87 peserta dari berbagai negara seperti Ghana, Liberia, USA, India, Arab Saudi, dan Turki pada ajang yang berlangsung 8-26 April 2022. Melansir laman Kemenag, Rifdah mengaku terharu dan bersyukur atas raihan prestasi membanggakan tersebut.

“Alhamdulillah saya bersyukur masih diberikan kesempatan mengikuti musabaqah di tingkat internasional dan bisa memberikan hasil yang terbaik untuk Indonesia. Tentunya apa yang saya raih saat ini tidak lepas dari doa dan bimbingan dari guru-guru saya di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Sumedang dan Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta,” ujar Rifdah, Selasa (17/5/2022).

Rifdah Farnidah merupakan anak pasangan dari Muhammad Kadris dan Ai Faridah. Kakek Rifdah dikenal sebagai seorang ulama besar di Sumedang, KH Muhamad Aliyuddin. Sejak duduk di bangku taman kanak-kanak, Rifdah sudah mulai menunjukkan kecintaannya pada kitab suci Al-Qur’an.

Hafizah kelahiran 3 Juni 1995 itu mulai menghafal Al-Qur’an saat berusia 10 tahun. Untuk pertama kalinya, Rifdah berhasil menghafal 30 juz Al-Qur’an ketika menginjak usia 16 tahun. Berkat ketelatenan Rifdah, perempuan asal Sumedang itu kerap mengharumkan nama Indonesia sebagai seorang penghafal Al-Qur’an.

Rifdah juga sudah berkali-kali menjadi juara di tingkat nasional maupun internasional. Mengutip Kumparan, sejumlah prestasi Rifdah di tingkat nasional adalah juara 1 MTQ tingkat nasional golongan 10 juz dan juara 1 MTQ golongan 30 juz pada 2017. Sementara, pada tingkat internasional, Rifdah berhasil meraih juara 2 MHQ Internasional di Yordania pada 2018.

Selalu istikamah merupakan kunci bagi Rifdah dalam memahami ayat demi ayat suci di dalam Al-Qur’an. Motivasi lain yang mengunggah hati Rifdah menjadi seorang hafizah adalah untuk memberikan manfaat kepada orang tua di padang mahsyar nanti.