Persiapan Roundnet Indonesia Jelang Kejuaraan Dunia di Belgia 2022

World Championshio Roundnet 2022

49

Roundnet World Championship Belgium 2022 akan digelar secara perdana oleh Roundnet Federation (IRF). Persatuan Olahraga Roundnet Indonesia (PB PORSI) sebagai induk olahraga roundnet di Indonesia mengadakan perekrutan atlet atau seleksi nasional untuk mendapatkan atlet tingkat nasional sekaligus pembentukan timnas Roundnet Indonesia.
Proses pendaftaran dibuka secara umum yang dimulai sejak 14-16 Maret 2022 dengan kuota sebanyak 65 orang. Pendaftar berasal dari berbagai klub tersebar di sebelas daerah seperti Bandung Raya (Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat), DKI Jakarta, Depok, Bogor, Surabaya, Bali, NTT, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Seleksi Nasional Tahap I dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 Mei 2022 bertempat di Lapangan Rumput Taman Pramuka, Kwarcab Kota Bandung. Acara dibuka oleh Ketua Umum PB PORSI Genta Fajar Heryawan, didampingi Wakil Ketua Umum I Denny Rahmat, Sekretaris Jendral Tria Y Pratama, Bendahara Umum R Dian Yanuar, serta pihak Dewan Pembina Fary D Francis (Komisaris Utama PT ASABRI) yang mendukung penuh proses Seleknas Tahap I ini untuk menorehkan prestasi roundnet Indonesia hingga ke kancah internasional.

Seleknas Tahap I ini telah menjaring 37 peserta. Nantinya, mereka akan diseleksi lagi untuk memasuki tahap kedua, hingga memasuki seleksi nasional tahap akhir. Sesuai dengan target yang dicanangkan oleh PB PORSI akan terpilih 10 orang atlet roundnet nasional yang dibentuk menjadi 5 timnas roundnet Indonesia yang berlaga di ajang Roundnet World Championship Belgium 2022 pada bulan September mendatang.

Tahap awal pasca penutupan pendaftaran seleksi nasional, PB PORSI melalui Bidang Pembinaan dan Prestasi memberikan “materi latihan mandiri” kepada para peserta. Waktu pelaksanaan pemberian materi tersebut selama tujuh minggu dimulai dari tanggal 20 Maret 2022.

Mengusung jargon, “Roundnet Indonesia Menatap Dunia” PB PORSI mempunyai target jangka panjang yaitu, agar Indonesia dikenal sebagai Macan Asia di percaturan dunia olahraga roundnet. Dalam jangka pendek, olahraga roundnet akan menjadi olahraga yang eksis di Tanah Air, serta melahirkan atlet-atlet dan klub yang berprestasi.