Tips Bermeditasi Untuk Overthinker

Overthinker adalah seseorang yang selalu memikirkan hal, mulai dari hal penting hingga yang tidak penting. Seseorang yang memiliki kepribadian tersebut akan sulit menemukan ketenangan mental dalam hidupnya.

Meditasi adalah salah satu perjuangan yang berat bagi Anda yang terlalu aktif berfikir. Apabila Anda seorang overthinker, biasanya Anda beranggapan bahwa meditasi bukan suatu hal yang cocok untuk Anda. Tetapi, menurut para ahli, meditasi memungkinkan berhasil apabila dilakukan oleh orang yang memiliki kepribadian tersebut.

image: pexels

Berikut beberapa strategi yang dapat dicoba oleh seorang overthinker.

Buat Jadwal yang Konsisten
Seperti hal positif lainnya, suatu kegiatan yang dilakukan secara konsisten akan menuai hasil yang maksimal pula. Begitu juga dengan meditasi, apabila Anda dapat menenangkan pikiran Anda secara optimal apabila Anda melakukan meditasi dengan konsisten.

Baca juga  6 Hal yang Membuat Kacau Hidup Sehat Anda

Anda dapat menyesuaikan jadwal meditasi Anda dengan jadwal kegiatan yang akan Anda lakukan sehari-hari.

Para ahli menyebutkan bahwa jadwal latihan yang konsisten adalah cara untuk melihat manfaat terbesar dari meditasi bagi kesehatan mental Anda.

Buat Ruangan Meditasi yang Tenang dan Nyaman
Meditasi akan sulit berhasil apabila ruangan yang Anda gunakan tidak nyaman dan berisik. Lingkungan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, terutama pada tahap awal latihan meditasi.

Anda bisa menggunakan kursi tertentu dan menyalakan lilin dengan aroma yang enak. Seiring berjalannya waktu, pikiran Anda akan merasa tenang dengan dukungan ruangan yang damai tersebut.

Baca juga  Metabolisme Anda Lambat? Ternyata Ini Tandanya!

Meditasi dengan Orang Lain
Meditasi terkesan seperti tindakan yang sangat pribadi, tetapi Anda juga dapat melakukannya dengan orang lain.

Bermeditasi dengan pasangan atau teman dapat menambah kekuatan meditasi tersebut. Melakukan meditasi bersama pasangan atau teman tidak hanya membantu Anda melepaskan diri dari lingkaran pikiran sendiri, melainkan memberikan akuntabilitas yang tidak kita dapatkan apabila dilakukan secara individu.

Lakukan Yoga
Yoga dan meditasi menjadi suatu hal yang berkaitan. Yoga dan meditasi mengkoordinasikan untuk menghirup dan menghembuskan nafas dengan gerakan fisik yang memiliki efek pada fokus mental Anda.

Menambahkan gerakan juga dapat menghilangkan tekanan dari mental yang Anda rasakan selama melakukan meditasi.

(HV)

Translate »