Apa Itu Kolitis Ulseratif?

Kolitis ulserativa (UC) adalah jenis penyakit radang usus (IBD). IBD terdiri dari sekelompok penyakit yang mempengaruhi saluran gastrointestinal (GI).

Peradangan ini menghasilkan luka kecil yang disebut borok pada lapisan usus besar Anda. Peradangan biasanya dimulai di rektum dan menyebar ke atas.

image: pexels

Ini dapat melibatkan seluruh usus besar Anda. Saat sel-sel di permukaan lapisan usus Anda mati, bisul terbentuk. Ulkus dapat menyebabkan perdarahan dan keluarnya lendir dan nanah.

Gejala kolitis ulserativa

Keseriusan gejala UC bervariasi di antara orang-orang yang memiliki kondisi tersebut. Gejalanya juga bisa berubah seiring waktu.

Baca juga  Kenali Efek Samping dari Konsumsi Teh Detox

Orang yang didiagnosis dengan UC mungkin mengalami periode gejala ringan atau tidak ada gejala sama sekali. Ini disebut remisi. Namun, gejalanya bisa kembali dan menjadi parah. Ini disebut flare-up.

Gejala umum UC meliputi:

  • sakit perut
  • peningkatan suara perut
  • tinja berdarah
  • diare
  • demam
  • sakit dubur
  • penurunan berat badan

 

Melansir dari Healthline,com. Faktor-faktor yang mungkin berperan dalam mengembangkan UC meliputi:

1. Gen. Anda mungkin mewarisi gen dari orang tua yang meningkatkan peluang Anda memiliki UC.

Baca juga  Lakukan Olahraga Ini untuk Atasi Sembelit

2. Gangguan kekebalan. Anda memiliki gangguan kekebalan. 

3. Faktor lingkungan. Bakteri, virus, dan antigen dapat memicu sistem kekebalan Anda.

 

Jika Anda menderita penyakit ini, dokter perlu memantau kondisi Anda, dan Anda harus mengikuti rencana perawatan Anda dengan hati-hati sepanjang hidup Anda.

Scarflover, Dokter Anda biasanya akan memulai dengan terapi medis kecuali Anda memiliki komplikasi parah yang memerlukan pembedahan.

 

 

(DT)

Translate »