Pemerintah Kembangkan Industri Halal Indonesia

Pemerintah telah memfasilitasi infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi serta pengembangan ekosistem usaha mikro kecil dan menengah berbasis halal.

Menurut Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satria potensi UMKM berbasis halal sangat besar. Hal tersebut dilatari peningkatan populasi muslim dunia dan jumlah penduduk muslim Indonesia yang mencapai 229 juta jiwa (87,2 persen) dari total penduduk 273,5 juta jiwa.

Hanya saja, menurut Eddy Satria untuk mencapai tujuan, Indonesia harus menghadapi tantangan yang tidak mudah seperti, belum masuknya Indonesia dalam 10 besar untuk produk makanan halal, media & rekreasi, serta farmasi & kosmetika. Kedua, Indonesia masih menjadi pasar produk halal dunia. Untuk itu, kinerja ekspor produk halal perlu ditingkatkan.

Baca juga  10 Produk skincare yang mengandung kombucha

Mengingat banyaknya kendala yang dihadapi, penguatan rantai nilai industri halal perlu terus dilakukan secara berkesinambungan. Seperti industri makanan dan minuman halal, pariwisata halal, fashion muslim, farmasi atau kosmetik halal.

Kepada Divisi IT badan aksesibilitas komunikasi dan informasi kementerian komunikasi dan informatika, Ari Soegeng Wahyuniarti mengatakan pihaknya telah menyediakan infrastruktur dan ekosistem TIK untuk mendukung industri halal Indonesia.

“Selain pembangunan sarana dan prasarana TIK, kita juga menggelar pelatihan Toko Online Bumdes dan UMKM Lokal 2020. BAKTI memfasilitasi sebanyak 100 UMKM/Bumdes dalam pelatihan yang diantaranya digital branding, marketing toko online dan pengelolaan toko online,” ujarnya.

Baca juga  Syekh Ali Jaber Ungkap Kronologis Penusukan Dirinya

Rencananya, pada tahun 2021 akan diadakan pelatihan UKM Digital disertai Akses Permodalan untuk pelaku UMKM bidang kuliner.

“Dengan target 800 UMKM dari 8 kota dan kabupaten. Rencananya Bakti Kominfo juga mengagendakan Pelatihan Toko Online Bumdes/UMKM 2021 dengan target 50 Bumdes atau UMKM lokal,” jelas Ari

Pelatihan ini bertujuan agar Bumdes/UMKM binaan BAKTI Kominfo berpotensi mendukung pengembangan industri halal Indonesia. 

(TS)

Translate »