3 Cara Ampuh Bebas Bau Mulut Selama Puasa!

29

Selama berpuasa bau mulut sering menjadi masalah tersendiri. Bau mulut yang tak sedap membuat kita yang mengalami menjadi risih dan kurang percaya diri. Terlebih lagi bila keseharian bertemu banyak bau mulut bisa membuat lawan bicara jadi ilfeel. Sehingga momen interaksi menjadi canggung. 

Sebenarnya apa yang menyebabkan mulut kita bau saat berpuasa?

Bau mulut yang datang saat menjalani puasa terjadi karena asam lambung yang naik ke tenggorokan. Hal itu biasanya terjadi saat tubuh anda sudah tak lagi membakar makanan yang ada. Sehingga, asam lambung langsung naik. Tak hanya itu, bau mulut bisa terjadi karena tubuh kekurangan cairan serta kurang bersih menjaga kebersihan mulut. 

Lalu, adakah cara untuk bebas dari bau mulut selama berpuasa? Berikut kami merangkumnya!

  • Minum air yang cukup

Salah satu penyebab bau mulut adalah kurangnya cairan sehingga akan mengganggu suasana rongga mulut. Untuk itu anda harus memerhatikan kebutuhan cairan tiap harinya. Air dapat meningkatkan produksi air liur sehingga mencegah mulut kering yang dapat menyebabkan bau mulut. Disarankan memenuhi kebutuhan air sebanyak 8 gelas atau 2 liter. Anda dapat minum 2 gelas air saat sahur, 2 gelas air saat berbuka, dan 4 gelas air pada malam hari sebelum pergi tidur.

  • Jangan lupa membersihkan lidah

Kebersihan mulut adalah kunci terbebas dari bau tak sedap. Pastikan untuk menyikat gigi setelah santap sahur anda. Nah, jangan lupa juga untuk membersihkan lidah anda. Lidah juga merupakan tempat berkumpulnya bakteri. Anda juga dapat menambahkan Mouthwash untuk melawan bakteri yang mungkin masih terselip di area-area yang sulit digapai sikat gigi. Mouthwash mengandung bahan yang efektif menyegarkan napas anda.

  • Hindari makanan yang mengandung gas

Sebaiknya anda menghindari atau mengurangi konsumsi makanan yang memproduksi asam lambung dalam tubuh. Beberapa makanan yang sering disantap sebagai menu sahur di masyarakat sering membuat produksi gas dalam tubuh meningkat. Makanan itu antara lain, brokoli, kubis, kol, ubi, dan makanan bertepung. Itu semua makanan yang memiliki gas tinggi. 

itulah 3 cara yang dapat anda lakukan agar terbebas dari bau mulut sehingga lebih nyaman saat menjalani ibadah puasa. Semoga membantu, Scarf Lover!

(JH)