4 Panduan Pola Makan Sehat saat Lebaran, Bebas Rasa Khawatir!

Jangan mengonsumsinya secara berlebihan, ya!

26

Hari Idulfitri sudah tepat berada di depan mata. Berbagai macam aneka hidangan khas Lebaran pun siap disajikan untuk menyambut datangnya hari kemenangan. Namun, di balik kelezatan sajian spesial tersebut, tampaknya memaksa Anda untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Hal itu lantaran, kudapan khas Lebaran kebanyakan menggunakan bahan baku santan, gula, dan daging yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut empat panduan pola makan sehat yang bisa Anda praktikkan saat mengonsumsi aneka hidangan khas Lebaran tanpa rasa khawatir lagi akan mengalami kenaikan berat badan hingga menimbulkan penyakit serius.

 

  1. Batasi konsumsi makanan bersantan

Sejumlah makanan bersantan seperti opor ayam, rendang, sambal goreng ati merupakan hidangan favorit khas Lebaran. Padahal, makanan bersantan tersebut memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Adapun rincian bahaya mengonsumsi makanan bersantan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, menaikkan tekanan darah akibat tingginya kolesterol, serta menimbulkan produksi gas dan asam lambung dalam tubuh.

 

  1. Setop mengonsumsi banyak makanan bercita rasa manis

“Sekali coba bakal ketagihan”, tampaknya slogan itu cocok disematkan saat mengonsumsi kue kering. Di balik rasa manis dan nikmatnya kue kering, ternyata terdapat efek samping akibat terlalu banyak mengonsumsinya, seperti menambah berat badan, mengalami gangguan kesehatan kronis, hingga membuat kulit menjadi keriput.

 

  1. Hindari minuman bersoda

Pada hari istimewa, sebagian besar orang pun memilih untuk mengonsumsi minum-minuman bersoda. Lagi-lagi, jumlah gula pada minuman bersoda yang begitu banyak bisa mengakibatkan para pengosumsinya mengalami kenaikan berat badan berlebih atau obesitas. Selain itu, minuman bersoda mengandung fruktosa dan glukosa yang dapat memicu timbulnya kerusakan pada organ hati.

 

  1. Tetap aktif bergerak

Tiada opsi paling tepat untuk menjaga kesehatan tubuh selama hari Idulfitri agar tetap bugar dengan berolahraga secara teratur atau minimal tetap aktif bergerak, semisal dengan membersihkan rumah yang akan mengeluarkan jumlah kalori di dalam tubuh.